Mengkomunikasikan Data

pada hari Sabtu, 22 April 2017
oleh adminstube
 
 

 

 

 

 

Mengkomunikasikan data berupa angka-angka merupakan tantangan tersendiri bagi setiap penyaji. Data berupa angka, grafik atau prosentase akan lebih mudah dimengerti jika disajikan dalam bentuk visual dengan desain yang menarik. Grafik merupakan pilihan yang tepat untuk menyajikan data dengan ringkas dan jelas. Grafik dapat diartikan sebagai suatu kombinasi data-data baik berupa angka, huruf, simbol, lambang, perkataan, gambaran yang disajikan dalam sebuah media dengan tujuan memberikan penjelasan tentang suatu data.

 

 

 

Melihat pentingnya grafik sebagai salah satu alat untuk mempermudah dalam penyampian informasi, Stube HEMAT mengadakan latihan membuat grafik pada tanggal 22 April 2017 di sekeretariat Stube HEMAT Yogyakarta yang diikuti oleh 15 peserta dari berbagai jurusan dan  kampus di Yogyakarta. Pemateri latihan ini adalah Sarloce Apang, S.T dan Indah Theresia, S.E. Keduanya merupakan tim kerja Stube HEMAT Yogyakarta.

 

 

 

Pelatihan ini diawali dengan pengenalan beberapa jenis grafik dan kegunaannya. Miscrosoft PowerPoint telah menyediakan 11 macam grafik yang meliputi grafik batang, grafik lingkaran, grafik kolom, grafik garis, grafik bidang, grafik penyebaran, grafik stock, grafik permukaan, grafik donat, grafik gelembung, dan grafik radar. Namun pada kenyataan sehari-hari hanya 4 grafik yang paling sering digunakan sehingga pada latihan kali ini fokus membuat grafik lingkaran, grafik garis, grafik kolom dan grafik batang.

 

 

 

 

Selanjutnya peserta diberi waktu membuat grafik secara bertahap yang dilakukan di laptop masing-masing berdasarkan contoh soal yang diberikan dengan mengikuti arahan pemateri. Grafik pertama yang dibuat adalah grafik lingkaran, diteruskan dengan grafik kolom, batang dan grafik garis. Pemateri menjelaskan dari proses awal yakni dengan memasukkan data ke MS Excel terlebih dahulu yang selanjutnya akan diproses menjadi sebuah grafik.

 

 

 

Grafik yang sudah siap kemudian diedit menjadi lebih menarik dengan memakai aplikasi yang tersedia di MS PowerPoint, mulai dari warna grafik atau pun background yang bisa diganti-ganti.

 

 

 

 

 

Kegiatan diakhiri dengan memberikan soal yang harus dikerjakan sendiri oleh peserta. Peserta juga harus menganalisa grafik yang cocok untuk data yang dikelola. Dengan latihan singkat ini mahasiswa diharapkan memiliki kemampuan yang lebih baik dalam mengkomunikasikan data. (ITM).


  Bagikan artikel ini

Berita Web

 2021 (24)
 2020 (48)
 2019 (37)
 2018 (44)
 2017 (48)
 2016 (53)
 2015 (36)
 2014 (47)
 2013 (41)
 2012 (17)
 2011 (15)
 2010 (31)
 2009 (56)
 2008 (32)

Total: 529

Kategori

Semua  

Youtube Channel

Official Facebook