pada hari Minggu, 31 Januari 2016
oleh Stube HEMAT
Membuka Interaksi
Berbagi Inspirasi
Sosialisasi Stube-HEMAT Yogyakarta
di keluarga Hipmasty
Omah Limasan, 29 Januari 2016
 
 
Manusia dikenal sebagai homo homini socius, makhluk sosial yang membutuhkan interaksi dengan sesamanya. Tak beda dengan manusia, sebagai sebuah lembaga di dalamnya ada organisme atau manusia, yang membutuhkan interaksi dengan lembaga lainnya. Hal inilah yang dilakukan oleh Stube-HEMAT Yogyakarta, membangun relasi dengan berbagai lembaga, komunitas mahasiswa maupun perkumpulan lainnya.
 
Stube-HEMAT Yogyakarta sebagai lembaga pendampingan mahasiswa yang sedang studi di Yogyakarta mengadakan sosialisasi kepada komunitas atau perkumpulan mahasiswa, salah satu di antaranya adalah Himpunan Pelajar dan Mahasiswa Sumba Timur di Yogyakarta (Hipmasty) yang diadakan pada hari Jumat, 29 Januari 2016 di sekret Stube-HEMAT Yogyakarta. Dihadiri dua belas peserta, dengan komposisi tujuh mahasiswa peserta baru dan lima mahasiswa aktifis Stube-HEMAT Yogyakarta, pertemuan ini dimulai pukul 17.45 WIB. Trustha Rembaka, S.Th selaku penanggung jawab sosialisasi sekaligus sebagai koordinator Stube-HEMAT Yogyakarta mengawali dengan games ‘Komuni-Kata’. Aturan permainan ini adalah satu peserta menyebutkan satu kata dan peserta di sampingnya menyebutkan sebuah kata yang diawali dari huruf terakhir kata yang diucapkan sebelumnya. Permainan ini menuntut konsentrasi, respon cepat dan kekayaan kosakata peserta. Selama permainan berlangsung suasana sangat ceria dan semua bermain dengan gembira.
 
 

 

 

Sesi berikutnya adalah penjelasan tentang kegiatan Stube-HEMAT. Trustha menjelaskan dengan memutar sebuah video tentang Stube-HEMAT dan kegiatannya. Selanjutnya, ia menjelaskan kelembagaan Stube-HEMAT dan kegiatan yang sudah dilakukan selama tahun 2015, seperti pelatihan, eksposur lokal, exploring Sumba. Pada tahun 2016 ini dibuka kesempatan bagi tiga orang untuk menjadi peserta eksposur lokal dan enam orang untuk exploring Sumba.
 
 
Stube-HEMAT yang hadir sebagai wadah kegiatan alternatif bagi mahasiswa memberi kesempatan kepada mahasiswa mempelajari topik-topik tertentu yang diminati oleh mahasiswa dan belum tentu dipelajari di dunia kampus. Mahasiswa didorong untuk mengenali dirinya dan mengenali potensinya dan cerdas memilih kegiatan yang menunjang potensinya.

 

Rudi, salah satu peserta yang kuliah di Fisipol Universitas Atmajaya Yogyakarta mengatakan, “Saya sebagai perwakilan organisasi sangat berterimakasih karena sudah diundang dalam acara ini dan terkesan karena keramahannya. Pertama-tama, saya sangat mengapresiasi undangan ini karena saya baru pertama kali mengikuti acara seperti ini. Kegiatan di lembaga lain ada pemisahan antara kegiatan spiritual dan sosial. Sedangkan di Stube-HEMAT mengkombinasikan keduanya.
 
Putri, yang kuliah di Pendidikan Matematika UST menambahkan, “Pada awal saya mengikuti kegiatan Stube diajak oleh Frans dan saya banyak bertanya tentang Stube dan kegiatannya. Akhirnya saya mengambil keputusan untuk ikut pelatihan, saat itu pelatihan Pendidikan Global. Saya sangat senang sebab dalam pelatihan kita dipertemukan dengan berbagai narasumber dan saya bisa mengembangkan diri dan berbagi ilmu kepada teman-teman lain. Hal ini membuat saya semakin penasaran untuk mengikuti kegiatan Stube lainnya. Karena di Stube-HEMAT saya dapat bertemu dengan orang-orang hebat yang tidak bisa ditemui di luar.”
 
“Jadi, selama teman-teman mahasiswa berada di Yogyakarta dan Stube-HEMAT ada di situ, kelola waktu sebaik-baiknya sehingga bisa mengikuti kegiatan Stube-HEMAT Yogyakarta. Ketika kita berinteraksi dengan berbagai orang dari berbagai kalangan kita akan menemukan inspirasi dan pengalaman yang baru.“ ungkap Sarloce Apang, salah satu tim Stube HEMAT menutup pertemuan ini. (SAP)

  Bagikan artikel ini

Berita Web

 2020 (45)
 2019 (37)
 2018 (44)
 2017 (48)
 2016 (53)
 2015 (36)
 2014 (47)
 2013 (41)
 2012 (17)
 2011 (15)
 2010 (31)
 2009 (56)
 2008 (32)

Total: 502

Kategori

Semua  

Youtube Channel

Official Facebook