pada hari Selasa, 5 Februari 2013
oleh adminstube

Program Orientasi - Leadership, Teamwork & Fun Game

 

'Yang Muda, Yang Memimpin?’
Menjawab Tantangan Kaum Muda menjadi Pemimpin
(Wisma Omah Jawi, Kaliurang, 1 – 3 Februari 2013)

Permasalahan kepemimpinan menjadi topik yang selalu menarik diperbincangkan. Pemimpin yang berkualitas dan berintegritas menjadi harapan dan tuntutan masyarakat, namun realita menunjukkan  bahwa pemimpin-pemimpin yang ada belum optimal mengemban tanggungjawabnya. Kemampuan  memimpin tidak cukup di level pengetahuan bagaimana memimpin, namun perlu keterampilan  dalam berinteraksi dan seni dalam berkomunikasi
 
Stube-HEMAT Yogyakarta sebagai wadah pembentukan anak muda dan mahasiswa,  ambil bagian membentuk pemimpin-pemimpin muda dalam pelatihan Leadership, Teamwork dan Fun Game, yang diadakan pada 1 – 3 Februari 2013 di Wisma Omah Jawi Kaliurang dengan tema “Yang Muda, Yang Memimpin?” Tema ini menantang setiap peserta untuk bisa layak menjadi pemimpin dalam usia muda.
 
 
Pdt. Bambang Sumbodo, M.Min membuka pelatihan dengan mengajak peserta melakukan refleksi diri, baik sebagai pribadi dan mahasiswa dengan sesuatu yang menjadi panggilan hidup masing-masing. Menjadi pemimpin adalah panggilan atas suatu kondisi yang memerlukan pemimpin bagi kesejahteraan manusia. Seorang pemimpin lahir karena adanya respon atau tanggapan dari dirinya atas ketidakadilan, kemiskinan, kesewenangan atau kebodohan yang terjadi di tempat dia berada.
 
 
Sesi Personal Mapping dan Membangun Karakter Pemimpin dipandu oleh Pdt Novembri Choeldahono, M.A. Peserta digebrak dengan membuat yel-yel dan orasi yang mengobarkan semangat karena gerakan kaum muda harus diwarnai dengan ide-ide baru dan semangat yang menyala-nyala. Dalam sesi ini peserta belajar melakukan pemetaan kepribadian dan ciri khas kepemimpinan yang mereka miliki. Peserta juga diajak merumuskan visi dan misinya sebagai panduan menapak masa depan.
 

 

Sesi Kepemimpinan dan Membangun Karakter Kristiani dipandu oleh Pdt. Dr. Tumpal M.P.L. Tobing yang memancing peserta memikirkan ulang kekuatan iman mereka dan motivasi dalam diri mereka untuk melakukan sesuatu yang baik. Pdt. Tumpal memberikan analogi Raja, Telinga dan Mulut. Raja adalah pikiran yang berkaitan dengan apa yang didengar itulah yang dipikirkan. Selanjutnya, apa yang kita pikirkan itulah yang akan kita perbuat. Telinga adalah siapakah yang saya dengar. Mulut sebagai alat kita menceritakan raja kepada orang lain. Sebagaimana Samuel Smile menuliskan bahwa, “Taburlah pikiran maka kamu akan menuai perbuatan, taburlah perbuatan maka kamu akan menuai kebiasaan, taburlah kebiasaan maka kamu maka akan menuai karakter, taburlah karakter maka kamu akan menuai masa depan.” Sebagai pendiri Stube-HEMAT, Pdt. Tumpal juga berpesan agar peserta memanfaatkan wadah ini untuk mendapatkan hasil yang optimal.
 
Dalam ibadah minggu pagi, Pdt. Mathelda Yeanne Tadu, S.Si., mengajak peserta meninjau kembali tema pelatihan yaitu “Yang Muda, Yang Memimpin?” Penggunaan ‘tanda tanya’ bisa dimaknai ‘layakkah kaum muda menjadi pemimpin? Melalui pelatihan ini diharapkan kaum muda kristiani terpanggil dan memperlengkapi diri sebagai pemimpin di masa depan.
 
 
Kepemimpinan dan Kepedulian Sosial yang disampaikan oleh Esaol Agustriawan M.A membekali peserta peka terhadap situasi dan permasalahan sosial yang ada di sekitar kehidupan peserta. Kepemimpinan tidak bisa dilepaskan dari situasi dan kenyataan yang ada di masyarakat, oleh karena itu pemimpin harus selalu berinteraksi dan menjadi bagian dari masyarakat sosial serta memiliki empati atau bela rasa terhadap permasalahan yang terjadi.
 
Satu hal menarik dalam pelatihan ini adalah adanya peserta dari Bangladesh yakni Shanta Akhter Sheema, mahasiswa pasca sarjana UNY yang turut melengkapi peserta dengan perspektif bagaimana kaum muda Bangladesh meningkatkan kualitas diri melalui pendidikan non-formal seperti yang dilakukan Stube-HEMAT di Indonesia.
 
Fun Game dalam pelatihan ini tidak kalah seru, melalui berbagai simulasi permainan kelompok, peserta pelatihan belajar membangun kerjasama dan berkompetisi. VIVA kaum muda! (remb) ***
 
 
 

  Bagikan artikel ini

Berita Web

 2021 (24)
 2020 (48)
 2019 (37)
 2018 (44)
 2017 (48)
 2016 (53)
 2015 (36)
 2014 (47)
 2013 (41)
 2012 (17)
 2011 (15)
 2010 (31)
 2009 (56)
 2008 (32)

Total: 529

Kategori

Semua  

Youtube Channel

Official Facebook