pada hari Selasa, 27 Januari 2009
oleh adminstube

Pendampingan Petani di Jodhog Bantul, Januari 2009

 
Kegiatan pendampingan petani di Jhodog sebagai tindak lanjut Program Pertanian Organik Stube-HEMAT Yogyakarta dilaksanakan kembali pada 20 – 23 Januari 2009 yang lalu. Kegiatan ini difasilitasi oleh Tim Kerja Stube-HEMAT Yogyakarta, Sinyo dan Bang Roni, bersama Bapak Edi, seorang aktivis petani organik. Lokasi kegiatan ini meliputi wilayah jemaat gereja GKJ Jodhog, para petani di Palbapang, Kadisoro, Pandak, Selobentar Trimurti, Kuatangan, dan Daleman.

Kegiatan pada 20 Januari 2009

Pertemuan dengan petani dimulai pada pukul 17.00-23.00 bertempat di GKJ Jodhog Bantul. Pertemuan dihadiri oleh 33 orang, 26 orang petani dan 7 orang mahasiswa Sanata Dharma yang sedang KKN di Jodhog. Pada pertemuan ini diadakan sharing dan tukar pengalaman bertani dan Bapak Edi memberikan pandangan tentang ideologi pertanian organik, paradigma pertanian organik dan sistim pertanian organik yang benar dengan bahasa yang sederhana dan mudah dicerna. Yang sangat ditekankan oleh beliau yaitu pada pengolahan lahan secara benar yang paling utama.

Selain itu Bapak Edi juga memberikan informasi tentang cara pemberantasan hama secara alami sesuai yang ditanyakan oleh para petani. Misalnya untuk mengatasi hama walang sangit hanya dengan menggunakan bawang putih yang ditumbuk, dicampur air lalu disemprotkan. Kalau hama keong: lahan dibuat parit disekelilingnya dan di tengah-tengah lahan, direndam air (bawahnya diberi plastik sekeliling), lalu ditaburi sekam di genangan air dalam parit buatan tersebut. Keong akan mati kalau kemasukan sekam. Selain itu diberi daun pepaya di sela-sela bedengan.

Banyak hal yang diinformasikan Bapak Edi tentang pertanian organik dan para petani sangat antusias karena menambah wawasan dan pengalaman mereka. Diakhir pertemuan pada hari pertama, dibagi kelompok petani yang akan dikunjungi lahannya untuk melihat sejauh mana kendala yang dihadapi dan cara bertani. Petani dibagi dalam 6 kelompok :
1. Kelompok Bapak Sangidu (daerah Palbapang)
2. Kelompok Bapak Murhadi (daerah Kadisoro)
3. Kelompok Bapak Suripto (daerah Pandak)
4. Kelompok Bapak Suratmo (daerah Selobentar Trimurti)
5. Kelompok Bapak Mujilal (daerah Kuatangan)
6. Kelompok Bapak Agus (daerah Daleman)


Kegiatan pada 21 dan 22 Januari 2009


Pada hari kedua dan ketiga, bersama para petani kami berkeliling ke sawah-sawah sesuai kelompok tani yang telah direncanakan. Selama proses disawah, terjadi dialog dengan para petani yang ikut bergabung. Kesulitan para petani yaitu pengadaan bibit, pupuk urea dan pestisida yang sulit dan juga tambah mahal.

Menurut Bapak Edi, persoalan utama di lahan-lahan sawah terjadi karena cara pengolahan lahan yang belum tepat. Untuk memperbaiki lahan, dianjurkan kepada para petani untuk menaburkan kapur dulumit agar menetralkan keasaman tanah yang sudah terlanjur rusak. Selain itu diberikan pengarahan juga tentang bagaimana cara memelihara, memberantas hama dan memanen hasil.
Kegiatan pada 23 Januari 2009

Pada foto di atas, terlihat padi yang ditanam secara organik. Terlihat warna daunnya hijau kekuningan. Lalu tumbuhan yang seringkali tumbuh di sawah yang bagus sebagai pendukung kesehatan lahan. Tumbuhan ini jangan dibuang, namun diinjak saja ke dalam tanah. Sayangnya, tumbuhan ini sering diambil lalu dibuang karena dianggap sebagai pengganggu tanaman.

Pada hari terakhir, Bapak Edi memperlihatkan foto-foto daerah-daerah pertanian yang didampinginya: sawah yang dikelola secara organik maupun non organik dan banyak hal tentang dunia pertanian.

Kemudian petani didorong untuk membentuk semacam ikatan tetapi jangan ikatan resmi karena mudah untuk diintervensi/diintimidasi dan secara individu yang bertanggungjawab untuk mengelolah lahannya sendiri. Pada kesempatan ini, petani membentuk sekretariat yang berfungsi untuk tempat komunikasi tentang bibit, cara pemeliharaan, dan bagaimana pemasaran hasil pertanian organik. Bapak Edi sangat tertarik untuk mendampingi para petani kapan saja sampai mereka berhasil seperti apa yang beliau cita-citakan.

  Bagikan artikel ini

Berita Web

 2021 (24)
 2020 (48)
 2019 (37)
 2018 (44)
 2017 (48)
 2016 (53)
 2015 (36)
 2014 (47)
 2013 (41)
 2012 (17)
 2011 (15)
 2010 (31)
 2009 (56)
 2008 (32)

Total: 529

Kategori

Semua  

Youtube Channel

Official Facebook