Menu Sehat Ala India Bangalore – Mysore – Ooty – Hosur

pada hari Senin, 25 Desember 2017
oleh adminstube
 
 
Kesempatan berkunjung ke India tidak hanya memberi kesempatan belajar program kegiatan mahasiswa Stube-HEMAT Yogyakarta dan SCM India, tetapi juga mengetahui kerajinan dan kuliner yang ada di India, khususnya kuliner yang ada selama di Bangalore, Mysore, Ooty dan Hosur. Pengetahuan awal tentang makanan di India adalah makanan yang khas dengan rempah-rempah. Hal ini tidak berbeda dengan kenyataan yang ditemui selama di India, tetapi yang membedakan adalah aroma dan rasa makanan yang cukup asing dengan makanan yang biasa dikonsumsi di Indonesia.
 
Makanan di India pada umumnya vegetarian, tanpa daging dan lebih banyak sayuran dan kacang-kacangan. Bisa jadi ini pengaruh dari tradisi Hindu sebagai budaya dan agama mayoritas India. Awal pengalaman dengan kuliner India adalah Dosai, makanan sejenis serabi tawar yang dibuat dari tepung beras fermentasi, sebagai sumber karbohidrat, dilengkapi dengan Masala, yang terbuat dari kentang yang direbus dan ditambah rempah-rempah.

Nasi seperti di Indonesia memang ada, dimasak dengan cara dikukus ditambah dengan kayu manis, ketumbar, kapulaga dan biji-bijian lain. Olahan lain dari beras yakni dengan cara direbus dengan santan atau dengan kunyit. Makanan lainnya yang mengandung karbohidrat adalah Idli, makanan yang mirip dengan apem atau bakpao yang terbuat dari tepung beras. Nasi di India juga bisa diolah menjadi nasi Briyani dari beras Basmati yang bentuknya panjang dan cenderung kering.

Sumber protein diperoleh dari sayur dan kacang-kacangan yang diolah dengan santan atau dengan rempah. Beberapa jenis kacang yang diolah adalah semacam kacang kedelai, lentil dan kacang panjang. Selain itu ada daun-daunan sejenis ubi yang diolah menjadi sayur seperti rendang. Sebagai penyegar, tersedia yoghurt susu ditambah mentimun, tomat dan bawang merah yang diolah menjadi semacam acar. Ini memang menjadi penyegar saat makan tetapi belum tentu cocok bagi beberapa orang.
 
Minuman Chai tea merupakan minuman sehari-hari di India. Sebenarnya ini bukan teh biasa layaknya di Indonesia, tetapi lebih pas disebut susu direbus dan ditambah teh. Setiap berkunjung ke suatu tempat sajian minumnya adalah teh susu meskipun juga ada minuman lain seperti kopi, susu, air mineral dan lainnya. Ooty merupakan kawasan perkebunan teh di India bagian selatan dan memproduksi teh dengan kualitas eksport. Bakwan Jagung dan Ladu yang terbuat dari tepung, susu dan madu, serta aneka manisan buah bisa ditemui di daerah ini.

Cara penyajian makanan pun menjadi hal yang menarik. Selain sendok garpu jarang digunakan, menikmati makan dengan piring datar untuk masakan kare, piring/mangkok aluminium, bahkan dengan alas daun pisang yang bisa dipakai ulang, memperkaya pengalaman para mahasiswaPenggunaan daun pisang untuk sajian makanan merupakan salah satu konsep untuk kembali ke alam.
 
Selain mengenal dan menikmati makanan dan minuman yang benar-benar baru, ada tambahan pengetahuan tentang komposisi makanan dan minuman dari jenis-jenis bahkan makanan dan rempah-rempah vegetarian yang menyehatkanPerlu diakui bahwa Indonesia yang kaya jenis tanaman dan rempah-rempahnya, belum semuanya termanfaatkan sebagaimana diolah dan disajikan di India. Pengalaman ini menjadi dorongan untuk mencoba menemukan sumber-sumber rempah dan makanan yang sehat bagi masyarakat di Indonesia. (Trustha Rembaka).

  Bagikan artikel ini

Berita Web

 2020 (45)
 2019 (37)
 2018 (44)
 2017 (48)
 2016 (53)
 2015 (36)
 2014 (47)
 2013 (41)
 2012 (17)
 2011 (15)
 2010 (31)
 2009 (56)
 2008 (32)

Total: 502

Kategori

TAG 1  TAG 2  TAG 3  TAG 4  TAG 5  TAG 6  TAG 7  TAG 8  TAG 9  TAG 10  TAG 11  TAG 12  TAG 13  

Youtube Channel

Official Facebook