SDG’s dan Peran Anak Muda Bangsa

pada hari Selasa, 26 Maret 2019
oleh adminstube
 
 
Agenda 2030 untuk (TPB) Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau SDG’s (Sustainable Development Goals) ditentukan oleh PBB sebagai agenda dunia yang berisi 17 tujuan dan 169 target yang merupakan rencana aksi global untuk 15 tahun ke depan. Di antaranya mengurangi kemiskinan; mengurangi kelaparan; kehidupan sehat dan sejahtera; kesetaraan gender; air bersih dan sanitasi layak; energi bersih dan terjangkau; pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi; industri, inovasi, dan infrastruktur; berkurangnya kesenjangan; kota dan pemukiman yang berkelanjutan; konsumsi, dan produksi yang bertanggung jawab; penanganan perubahan iklim; ekosistem lautan; ekosistem daratan; perdamaian, keadilan dan kelembagaan yang tangguh; dan kemitraan untuk mencapai tujuan. 

TPB atau SDG’s berlaku bagi seluruh negara (universal), sehingga seluruh negara tanpa terkecuali memiliki kewajiban moral untuk mencapai tujuan dan target SDG’s. Setiap negara wajib melakukan tinjauan tentang SDG’s atau capaian-capaian untuk menyusun dokumen agar dilaporkan kelevel Global. Oleh karena itu, melihat bahwa anak muda memiliki kekuatan untuk mempengaruhi kebijakan, di bawah kerjasama BAPPENAS, Yayasan Save The Children Indonesia bersama jaringan Gusdurian mengadakan konsultasi anak muda pada tanggal 23 dan 24 Maret 2019 di Hotel Ibis Yogyakarta dengan dihadiri 30 peserta anak muda dari berbagai organisasi, kampus dan daerah.
 
Ratna Yunita, penasehat yayasan Save the Chidlren meminta peserta membuat river of life dengan menuliskan dan menggambarkan permasalahan atau bentuk ketidakadilan yang mereka temukan dari masa kecil hingga saat ini. Setelah itu, ia menjelaskan apa manfaat dan tujuan SDG’s bagi anak muda/masyarakat dan apa peran anak muda saat ini. Ratna juga menjelaskan kondisi pencapaiantantangan pelaksanaan SDG’s dan menegaskan bahwa pemerintah sudah membuat tim koordinasi sampai tingkat daerah.

Didampingi oleh Ryan, Konsultan Independen Kepemudaan, peserta membentuk kelompok besar dan mengidentifikasi isu secara lebih mendalam di setiap capaian yang ditinjau berdasarkan river of life dan mempresentasikannya. Ada 6 capaian yang ditinjau untuk tahun ini yaitu pendidikan berkualitas, perubahan iklim, perdamaian dan keadilan, kesenjangan sosial, kemitraan untuk mencapai tujuan dan kesetaraan gender. Peserta juga merumuskan akuntabilitas dan pendanaan SDG’s, berdiskusi menentukan prioritas dan modalitas, dan menulis rekomendasi dari tiap-tiap capaian yang merupakan isu besar untuk disampaikan ke BAPENAS. Di sesi terakhir peserta diminta berunding memilih 2 orang muda yang terdiri dari laki-laki dan perempuan untuk diutus ke BAPPENAS Jakarta untuk menyampaikan aspirasi anak muda Yogayakarta.
 
Di akhir pelatihan yang berlangsung dua hari tersebut, terpilih Ferdi dari Jaringan Gusdurian dan Sarloce Apang dari Organisasi Stube-HEMAT Yogyakarta untuk mewakili menyampaikan ide dan masukan kepada Badan Perencanaan Pembangunan Nasional di Jakarta medio April 2019. (ELZ).

  Bagikan artikel ini

Berita Web

 2020 (45)
 2019 (37)
 2018 (44)
 2017 (48)
 2016 (53)
 2015 (36)
 2014 (47)
 2013 (41)
 2012 (17)
 2011 (15)
 2010 (31)
 2009 (56)
 2008 (32)

Total: 502

Kategori

TAG 1  TAG 2  TAG 3  TAG 4  TAG 5  TAG 6  TAG 7  TAG 8  TAG 9  TAG 10  TAG 11  TAG 12  TAG 13  

Youtube Channel

Official Facebook