Semangat Lokal untuk Hidup Berkelanjutan

pada hari Sabtu, 16 Januari 2021
oleh adminstube

Pernahkah mendengar atau menemukan ‘Alor Creative 100%’ di media? Ada dua kemungkinan jawaban, yaitu ‘pernah’ dan ‘belum’. Ya, Alor Creative 100% adalah inisiatif beberapa anak Muda Alor untuk meningkatkan nilai kehidupan melalui produk lokal yang dihasilkan dari sumber daya alam dari pulau Alor. Produk lokal ini diolah menjadi barang siap pakai yang bernilai jual tinggi, diantaranya kelapa, kemiri, kacang mete, kelor dan bambu.

 

 

Perlahan namun pasti, dimulai dari lokal dan aktif mengikuti festival demi festival, serta berkolaborasi dengan komunitas lain, juga berpromosi di media sosial, membuat mereka semakin dikenal dan jaringan tidak hanya di Alor tetapi merambah di luar kawasan NTT. Petrus Maure, S.Kom motor penggerak Alor Creative 100% yang juga Multiplikator Stube HEMAT di Alor terus belajar dan membuka peluang-peluang lain untuk mempromosikan Alor Creative 100% sekaligus memberdayakan anak muda dan mahasiswa di Alor melalui program Multiplikasi Stube HEMAT di Alor yang diwujudkan dalam pelatihan, diskusi, kunjungan belajar dan pendampingan lainnya.

 

Dari beragam aktivitas kreatif ini membuat Petrus ‘dicari-cari’ sebagai narasumber untuk berbicara dan membagikan semangat yang berkaitan erat dengan hidup berkelanjutan, meskipun harus memulai dan membangun sesuatu yang kecil yang ada di sekitarnya. Petrus terus mencoba mengembangkan potensi lokal melalui pemanfaatan hasil alam, termasuk salah satunya adalah dengan mengembangkan kreativitas dengan membangun usaha dan bisnis Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Inilah semangat yang mesti dimiliki dan dimulai dari anak-anak bangsa sebagai bentuk rasa cinta tanah air Indonesia.

 

 

Ini terungkap dalam Diskusi daring “Membangun Semangat Lokal untuk Kelestarian Alam dan Hidup Berkelanjutan” yang digagas Komunitas Krealogi dengan Petrus Maure, S.Kom inisiator Alor Creative 100% (15/1/2021) melalui Instagram Krealogi dan “Alor Creative 100%. Diskusi yang dipandu oleh Yolanda Icha dari Komunitas Krealogi mengungkap pengalaman mengenai keterampilan dan kreativitas yang dirintis Alor Creative 100%. Petrus menceritakan awal pengalamannya di Yogyakarta saat kuliah dan aktif di Stube HEMAT Yogyakarta, lembaga pelayanan mahasiswa, untuk menambah pengetahuan dan mengembangkan keterampilan. Ia terus merawat, memperjuangkan dan mewujudkan mimpi. Meski wabah pandemi membuat UMKM menghadapi masa berat tetapi tidak menghambat munculnya ide-ide kreatif, demikian dengan Alor Creative 100% yang terus memunculkan ide-ide, desain dan nilai baru dengan tetap mengangkat potensi lokal. Alor Creative 100% ini juga membantu peningkatan ekonomi mahasiswa atau masyarakat dengan menjual hasil produksi mereka. Petrus berharap anak muda khususnya mahasiswa terus mengembangkan diri dari ide-ide mereka memanfaatkan bahan lokal sehingga kompetitif dengan produk lainnya.

 

Komunitas Krealogi sendiri adalah komunitas yang mengumpulkan pelaku UMKM dan anak muda Indonesia untuk mengembangkan kemampuan dan keterampilan, dari softskills hingga kemampuan operasional untuk meningkatkan bisnis UMKM. Sedangkan Krealogi adalah inisiatif Du Anyam sebagai sebuah ekosistem untuk memberdayakan UMKM dengan menawarkan solusi usaha dan bisnis dengan berdiskusi dengan UMKM lain dengan melibatkan narasumber dari berbagai UMKM dan komunitas.

Mari anak muda, lihatlah sekelilingmu, kembangkan potensi lokal untuk menghasilkan sesuatu demi peningkatan kualitas hidup dengan tetap berpihak pada kelestarian alam dan hidup berkelanjutan. (ISNA)


  Bagikan artikel ini

Berita Web

 2023 (3)
 2022 (10)
 2021 (10)
 2020 (4)

Total: 27