Mewujudkan Mimpi, Berbagi & Membangun Perdamaian

pada hari Senin, 26 April 2021
oleh Thomas Yulianto

Refleksi peserta program Eksposur Lokal ke Alor

Oleh Thomas Yulianto

 

 

Alor adalah salah satu pulau di paling ujung timur Kepulauan Nusa Tenggara Timur. Mungkin ada sebagian penduduk Indonesia tidak tahu bahwa pulau Alor adalah bagian dari Indonesia termasuk saya. Namun sekarang saya mengenal dan bahkan mengunjungi Alor selama 15 hari. Saya bersyukur untuk kesempatan yang luar biasa,  bukan hanya mengenal dan tinggal bersama masyarakat Alor, saya juga bisa berbagi pengalaman dan pengetahuan kepada anak-anak muda di Alor sesuai dengan apa yang saya miliki, yaitu editing video sederhana menggunakan aplikasi Kinemaster, sebuah proses penggabungan video-video pendek menjadi video utuh yang menarik untuk ditonton.

 

Kemampuan editing video anak-anak yang tinggal di kota berbeda dengan kemampuan anak-anak yang ada di daerah seperti Alor. Hal ini tidak berarti anak muda Alor tertinggal dalam mengikuti perkembangan tekonologi, tapi lebih karena faktor terbatasnya orang yang mengajari dan mendampingi. Selain itu, fasilitas gadget dan jaringan internet kurang mendukung dalam proses editing video. Gadget yang mereka miliki belum memiliki spesifikasi gadget yang ‘support’ untuk proses editing, misal resolusi kamera rendah, RAM terbatas dan kapasitas memori kecil.

 

Saya yakin bahwa anak muda di Alor mampu untuk mengatasi kesenjangan ini. Saya melihat ada beberapa anak muda yang memiliki potensi untuk memproduksi sebuah video yang menarik dan berkualitas, mengingat Alor memiliki potensi wisata alam yang luar biasa, mulai dari pantai yang asri sampai adat yang masih kental dan unik. Semua ini merupakan peluang berkarya anak-anak muda Alor, terlebih lagi di zaman sekarang orang lebih suka mengkonsumsi informasi melalui video. Memproduksi video dan mengunggahnya di Youtube bisa menjadi pilihan, sehingga video tentang Alor dapat diakses oleh masyarakat di seluruh penjuru dunia.

 

Kemampuan editing yang baik agar menghasilkan video berkualitas dan menarik menjadi hal yang saya bagikan selama saya di Alor, meski sederhana tetapi penting. Selebihnya teman-teman muda di Alor dapat mengembangkannya dan menghasilkan video yang lebih menarik dan berkualitas sesuai dengan keinginan dan kreativitas mereka.

Jangan pernah berhenti untuk bermimpi, karena semua hal bisa berawal dari mimpi. Sebelumnya saya hanya bisa bermimpi pergi ke Nusa Tenggara Timur tepatnya ke Pulau Alor, namun mimpi itu sudah menjadi kenyataan. Melalui Ekposure Alor ini membuat saya secara pribadi terbuka akan dunia yang sangat luas dan perlunya mengenal daerah-daerah di Indonesia untuk saling mengenal, membangun persahabatan dan perdamaian. Jangan takut untuk bermimpi dan berjuang agar mimpi itu menjadi kenyataan.***


  Bagikan artikel ini

Berita Web

 2021 (24)
 2020 (48)
 2019 (37)
 2018 (44)
 2017 (48)
 2016 (53)
 2015 (36)
 2014 (47)
 2013 (41)
 2012 (17)
 2011 (15)
 2010 (31)
 2009 (56)
 2008 (32)

Total: 529

Kategori

Semua  

Youtube Channel

Official Facebook