Tantangan Usaha Pasca Gempuran Pandemi

pada hari Minggu, 31 Oktober 2021
oleh Multiplikasi Stube HEMAT di Lampung

Oleh Multiplikasi Stube HEMAT di Lampung

 

 

Siapakah yang tidak mengenal smartphone dengan aneka fiturnya saat ini? Kotak kecil ajaib ini mampu membius manusia di mana pun berada. Bahkan di ranah sosial, gadget ini pada mulanya seringkali dianggap menciptakan jarak antar individu. Meskipun demikian, di masa pandemi ini smartphone menunjukkan manfaat secara tepat dan gemilang sebagai salah satu bentuk alat komunikasi, sosialisasi, bahkan sebagai alat gerak perputaran ekonomi yang mungkin dilakukan.

 

 

Penggunaan smartphone dan alat digital lainnya sudah menjadi hal wajib bagi para pelaku usaha masa kini. Sadar akan realitas itu, multipikasi STUBE HEMAT di Lampung mengadakan diskusi pada hari Sabtu (30/10/2021) di Balai Pelatihan dan Pembinaan Pondok Diakonia Metro. Diskusi ini diadakan guna membekali anak-anak muda, pemuda gereja, dan juga mahasiswa tentang ‘Tantangan Wirausaha Muda Di Era Digital’. Diskusi ini memiliki harapan untuk mewujudkan desa ekonomi kreatif, dimana anak-anak muda diharapkan ikut ambil bagian di dalamnya, terlebih dapat menjadi kader penggerak di masa depan. Ada tiga tujuan yang hendak dicapai dari diskusi ini, yaitu: Pertama, peserta mampu memetakan tantangan apa saja yang dihadapi oleh pengusaha di era digital. Kedua, peserta semakin memahami cara, teknik, dan strategi usaha di era digital. Ketiga, peserta dapat memetakan peluang-peluang usaha di era digital, khususnya di masa pandemi.

 

 

 

 

Dharma Setyawan, salah satu inisiator kampung ekonomi yang bernama Pasar Yosomulyo Pelangi (Payungi) diundang secara langsung untuk menceritakan bagaimana sejarah terbentuknya pasar kreatif yang bernama Payungi yang ada di Kota Metro, Lampung. Pasar yang kini memiliki omset puluhan juta rupiah tiap minggunya ini, justru dimulai dan dibentuk dari keberanian meminjam uang Musholla sebagai modal awal. Dengan konsep dan penataan ruang yang kreatif, kini Payungi selalu dikunjungi kurang lebih 2000 orang tiap minggunya.

 

 

 

Dharma juga menceritakan bahwa dalam mengembangkan Payungi, perlu digagas tentang unit-unit usaha, program-program usaha, dan media sosial yang mendukung kemajuan usaha. Bahkan payungi juga membentuk suatu wadah bagi kaum perempuan yang memiliki keberanian dan skill dalam menciptakan peluang usaha. Menariknya lagi, di Payungi juga ada Pondok Pesantren yang bukan hanya belajar tentang agama saja, tapi juga belajar berwirausaha. Keberhasilan Payungi bukan hanya didukung modal yang besar saja, tetapi juga didukung oleh sumber daya manusia yang giat mengenalkan, memasarkan, dan mempromosikan Payungi pada keluarganya, temannya, komunitasnya, dan lingkungannya melalui media sosial.

 

 

 

Di era digital ini, penggunaan sosial media sudah menjadi hal yang biasa. Sosial media adalah salah satu peluang usaha yang menjanjikan dalam upaya memasarkan produk dagangan. Oleh sebab itu, penting bagi para pengusaha khususnya pebisnis muda, untuk melakukan pemasaran melalui media sosial. Akan tetapi, hal ini perlu dilakukan dengan bijak, karena jika iklan yang dipasang di media sosial tidak sesuai dengan kenyataannya, itu hanya akan mengakibatkan penilaian buruk dari customer. Untuk menghindari itu, para pebisnis atau pengusaha harus tetap menjaga reputasi untuk mendapatkan kepercayaan dari customer dengan cara mencantumkan foto, dan review yang nyata pada setiap produk yang dijual, dan membuat peraturan serta perjanjian yang tegas dalam melakukan transaksi yang aman dan terpercaya. Demikianlah sebuah solusi yang ditawarkan kepada calon-calon pengusaha muda di era digital.

 

 

Diskusi ini menghadirkan tanya jawab yang menarik karena mampu menghadirkan banyak refleksi yaitu, bagaimana pentingnya ide, kemauan, ketelatenan, komitmen, konsistensi, keuletan, kerja sama, dan semangat juang. Oleh karena itu, harapan setelah diskusi ini peserta juga ikut belajar dengan mengikuti kurikulum yang ada di Payungi, supaya ilmu yang didapat dari diskusi ini benar-benar dapat mengembangkan kemampuannya dalam berwirausaha. 

 


  Bagikan artikel ini

Berita Web

 2023 (7)
 2022 (9)
 2021 (15)
 2020 (7)

Total: 38