Mari Hidup Sejahtera dengan Aloe Vera

pada hari Minggu, 28 Agustus 2022
oleh Thomas Yulianto
Oleh Thomas Yulianto.          

 

Aloe Vera adalah tanaman yang seringkali dianggap tidak memiliki nilai ekonomis, namun di tangan seorang pemuda dari Ngilpar, Gunung Kidul, yang bernama  Alan Efendi, Aloe Vera disulap menjadi minuman siap saji yang bernilai ekonomis tinggi. Melihat proses pengolahan Aloe Vera sungguh menarik, untuk itu Stube HEMAT Yogyakarta bersama tiga puluhan mahasiswa mengadakan kunjungan belajar di desa Katongan, Nglipar, Gunung Kidul (27/08/2022).

 

 

Nglipar, Gunung Kidul merupakan daerah panas dengan curah hujan rendah sehingga hanya beberapa tanaman yang cocok dibudidayakan di daerah ini, Aloe Vera adalah salah satu tanaman yang bisa tumbuh subur di daerah seperti ini. Inilah awal mula Alan Efendi mengembangkan tanaman Aloe Vera dan selanjutnya mengolahnya menjadi minuman segar dan layak jual.

 

 

Mayoritas jenis Aloe Vera yang dibudidayakan Allan dan masyarakat di Nglipar adalah Chinensis Baker yang bisa tumbuh bertahun-tahun untuk dimanfaatkan. Produk makanan/minuman yang dibuat oleh Alan Efendi ini diberi nama Rasane Vera yang berdiri sekitar tahun 2014 dengan konsep menggerakkan perekonomian masyarakat sekitar. Rasane Vera lahir karena kegelisahan Alan Efendi atas potensi lokal yang ada di Nglipar dan ingin mengembangkannya supaya berdampak bagi masyarakat. Sekalipun banyak tantangan yang dihadapi dan sering diragukan bagaimana pemasarannya, namun pada akhirnya usaha yang digeluti dengan kegigihan ini, bisa berkembang dan dikenal banyak orang hingga saat ini.

 

 

Proses kunjungan belajar ini memberi kesempatan kepada para peserta mempraktekkan secara langsung pengolahan Aloe Vera menjadi minuman kemasan siap saji. Dalam pelaksanaannya peserta dibagi menjadi 2 kelompok. Proses pengolahannya adalah sebagai berikut: pertama, siapkan Aloe vera jenis Chinensis Baker yang sudah berumur kurang lebih 12 bulan dari masa tanam, kemudian kupas kulit luarnya dan potong-potong dadu. Kedua, cuci Aloe Vera hingga bersih dengan air yang mengalir untuk menghilangkan lendir. Ketiga, rendam Aloe Vera dengan larutan asam sitrat selama 6–7 jam, dan cuci kembali. Keempat, rebus Aloe Vera selama 15 menit supaya matang. Kelima, siapkan gula batu yang sudah dicairkan dalam air panas dan masukan dalam cup untuk dilakukan packing. Keenam, lakukan packing pada saat air gula pada cup dalam kondisi sudah tidak panas supaya Aloe Vera lebih tahan lama, selanjutnya Aloe Vera siap dipasarkan.

 


 

Pemanfaatan Aloe Vera selain untuk minuman yang menyegarkan tubuh, ada beberapa manfaat untuk kesehatan manusia, yaitu menurunkan tensi darah, melancarkan pencernaan manusia, menurunkan hipertensi, dan melancarkan gangguan usus.

 

 

Kunjungan belajar tentang pengolahan Aloe Vera menjadi minuman kemasan yang siap saji dan memiliki nilai ekonomis tinggi menjadi bekal pengetahuan dan pengalaman bagi peserta stube HEMAT untuk mengembangkan potensi lokal yang ada di daerah masing-masing. Bukan seberapa besar keuntungan yang didapatkan melalui usaha yang kita lakukan tetapi seberapa besar usaha yang kita lakukan menjadi berkat bagi banyak orang. ***

 

 


  Bagikan artikel ini

Berita Web

 2022 (37)
 2021 (42)
 2020 (49)
 2019 (37)
 2018 (44)
 2017 (48)
 2016 (53)
 2015 (36)
 2014 (47)
 2013 (41)
 2012 (17)
 2011 (15)
 2010 (31)
 2009 (56)
 2008 (32)

Total: 585

Kategori

Semua  

Youtube Channel

Official Facebook