Krisis air bersih: haruskah terus berulang? (Perjuangan Mencari Air Bersih di Beamese, Manggarai)

pada hari Senin, 6 Desember 2021
oleh Kresensia Risna Efrieno

Oleh Kresensia Risna Efrieno.    

 

 

Siapa yang tidak membutuhkan air? Yah, tentu saja setiap kita pasti membutuhkan air, bahkan melakukan apa pun demi mendapatkan pasokan air. Berbicara tentang air apa yang kita pikirkan tentang air? Minum? Masak? Atau Mandi? Tahukah kita bahwa pada faktanya tidak setiap orang bisa memperoleh air untuk keperluan sehari-hari dengan mudah. Ini artinya masih ada sebagian masyarakat yang mengalami krisis akan air, khususnya air bersih. Tulisan ini merupakan ekspresi gagasan yang muncul dari rangkaian kegiatan pelatihan Stube HEMAT Yogyakarta tentang Water Security, dimana para mahasiswa sebagai peserta melihat kembali pentingnya air dan problematika, dihubungkan dengan suatu berita atau kejadian yang berkaitan dengan air. Dari salah satu media online yang memberitakan realita krisis air bersih di masyarakat, https://kumparan.com/florespedia/warga-desa-beamese-manggarai-alami-krisis-air-bersih-1uRK3ysD17Y dengan judul Warga Desa Beamese, Manggarai, Alami Krisis Air Bersih.

 

 

Berdasarkan berita di atas, bahwa penduduk desa Beamese mengalami kesulitan memperoleh air apalagi ketika musim kemarau yang panjang. Inilah yang menjadi bukti bahwa masih ada penduduk yang kesulitan untuk memperoleh air. Mereka mengalami situasi ini hampir setiap tahun di saat musim kemarau. Kerusakan pada bak penampung air yang mereka miliki menjadi penghambat mendapatkan air bersih. Karena masalah ini akhirnya mereka sering berebutan untuk mendapatkan air, karena mata air memiliki debit kecil, juga harus berbagi air minum dan kebutuhan pertanian. Fenomena yang terjadi di Bea Mese ini menjadi salah satu masalah yang cukup memprihatinkan. Kenapa? Karena masyarakat harus menimba air secara bergilir bahkan ada yang harus datang malam hari untuk mendapatkan air dan tidak didahului penduduk lainnya. Beamese sendiri merupakan satu dari dua puluh tujuh desa di kecamatan Cibal kabupaten Manggarai Nusa Tenggara Timur yang memiliki kondisi geografis berbukit-bukit.

 

 

Air yang menjadi kebutuhan dasar manusia memang terbatas, dari kualitas maupun kuantitas. Keterbatasan ketersediaan air baik kualitas maupun kuantitas menyebabkan tidak terpenuhinya kebutuhan manusia akan air khususnya air bersih, belum lagi soal kemampuan masyarakat mengakses air dan apakah air sudah terdistribusi merata ke setiap lapisan masyarakatTak heran jika masyarakat Beamese meminta menambahkan satu sumur lagi untuk menambah pasokan air kebutuhan harian mereka.

 

 

Dari masalah di atas sebenarnya sumur bukan satu-satunya solusi bagi warga Beamese untuk mendapatkan air. Perlu ada edukasi yang membuka pemikiran masyarakat bahwa penting sekali untuk mengetahui dari mana saja mereka bisa memperoleh air. Dalam hal ini masyarakat perlu mendapat edukasi dan arahan dalam bentuk apapun agar bisa mendapatkan air meski di musim kemarau sekalipun. Ini bisa dimulai dengan pengenalan tentang pentingnya penanaman pohon yang bermanfaat untuk konservasi air sebagai upaya memperkuat kawasan tangkapan air di sekitar mata air. Selain itu, masyarakat didorong untuk menampung air hujan saat musimnya dan mempersiapkan fasilitas yang memadai seperti bak penampung air. Menurut saya ini cocok untuk masyarakat agar bisa mendapat pasokan air yang cukup saat musim kemarau, sehingga kebutuhan air bisa terpenuhi serta tidak semena-mena menguras air dalam tanah. Pemerintah menjadi motor penting dalam menanggulangi masalah ini agar tidak menjadi peristiwa yang berulang setiap tahun.

 

 

Pemikiran tentang masalah, analisa dan problem solving ini saya temukan dalam pelatihan Stube HEMAT Yogyakarta, terlebih dengan jurusan kuliah saya di komunikasi saya bisa belajar melihat permasalahan, melakukan analisa dan menyajikan gagasan-gagasan secara baik, dan harapannnya ilmu dan pengalaman yang saya dapatkan ini bisa bermanfaat di kampung halaman saya, Manggarai Nusa Tenggara Timur.


  Bagikan artikel ini

Berita Web

 2022 (37)
 2021 (42)
 2020 (49)
 2019 (37)
 2018 (44)
 2017 (48)
 2016 (53)
 2015 (36)
 2014 (47)
 2013 (41)
 2012 (17)
 2011 (15)
 2010 (31)
 2009 (56)
 2008 (32)

Total: 585

Kategori

Semua  

Youtube Channel

Official Facebook