pada hari Jumat, 25 Januari 2013
oleh adminstube

Pelatihan Leadership - Teamwork - Fun Game

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pelatihan Leadership – Teamwork – Fun Game mengawali rangkaian kegiatan Stube-HEMAT Yogyakarta di 2013 ini. Pelatihan Leadership ini diadakan sebagai respon atas situasi yang dihadapi kaum muda Kristiani, dimana mereka dituntut tidak saja berhasil dalam studinya namun lebih dari itu, mereka dituntut menjadi pionir dan memiliki jiwa kepemimpinan.

 

 

 

Khususnya bagi mahasiswa luar daerah yang sedang studi di Yogyakarta, ketika mereka kembali ke daerah asal seharusnya mampu menunjukkan hasil belajar mereka selama di Yogyakarta, tidak saja ilmu pengetahuan mereka, namun juga kemampuan dan jiwa kepemimpinan, karakter yang baik dan memiliki kepedulian terhadap permasalahan sosial sekitarnya.

 

 

 

Dalam Pelatihan Leadership – Teamwork – Fun Game ini peserta akan dilatih mengenali model-model kepemimpinan, mengasah jiwa kepemimpinan, membangun kerjasama kelompok serta menumbuhkan kepedulian terhadap permasalahan sosial. Kegiatan ini dilakukan dalam bentuk pelatihan, pendampingan pribadi serta keakraban dalam kerjasama kelompok.

 

 

Jadi, jangan sampai melewatkan acara ini!! (remb)


  Bagikan artikel ini

pada hari Selasa, 15 Januari 2013
oleh adminstube

Follow Up Pelatihan Masyarakat Sipil : "Workshop Optimalisasi Penggunaan Komputer"

 
 

          Workshop yang berkaitan dengan komputer ini merupakan kerinduan mahasiswa rantau yang tergabung dalam HIMER - Y (Himpunan Mahasiswa Timor Leste dari daerah Ermera yang sedang menempuh kuliah di Yogyakarta), untuk mengajak teman-teman yang merantau studi di kota ini mengoptimalkan kemampuan diri dengan komputer. Dengan mengetahui cara pengoptimalan komputer, diharapkan membantu kelancaran proses penyelesaian tugas-tugas studi yang harus dikerjakan melalui media komputer.

 

 

Sebagai tindak lanjut dari pelatihan penguatan masyarakat sipil yang diselenggarakan oleh Stube HEMAT beberapa waktu lalu, mahasiswa-mahasiswa HIMER-Y tergugah untuk mengembangkan dan meningkatkan kualitas masyarakat sipil khususnya kelompok mahasiswa, yang diharapkan bisa berkontribusi positif untuk masyarakat, khususnya di Timor Leste ataupun daerah-daerah lainnya saat kembali, setelah menyelesaikan studi di Yogyakarta. Agostino Marques, Mahasiswa AKAKOM Yogyakarta, terpanggil membagi ilmu komputer yang dimilikinya dengan para peserta workshop. 
 
     Workshop sehari yang diselenggarakan pada 12 Januari 2013, di omah Limasan, Nyutran tersebut membekali peserta untuk mengenal gangguan yang terjadi pada perangkat lunak komputer juga mengetahui pentingnya jejaring sosial blogspot sebagai sarana untuk mempromosikan karya tulis maupun video ilmiah mereka.
 
    Peserta berharap masih ada diskusi ataupun workshop lainnya yang terkait dengan permasalahan optimalisasi komputer dan internet karena ada hal menarik dalam dunia komputer yang didapatkan saat mengikuti proses workshop ini.***

  Bagikan artikel ini

pada hari Kamis, 10 Januari 2013
oleh adminstube

Pendampingan Siswa SMK BOPKRI 2 Yogyakarta

 

 

 

 

 

MOTIVASI DIRI RAIH PRESTASI

 

Wisma Omah Jawi, Kaliurang, 8 – 9 Januari 2013

 

 

 

 

 

 

Saat-saat menanti ujian nasional merupakan waktu yang mendebarkan bagi setiap siswa. Bayang-bayang kegagalan hadir menguntit harapan akan suatu keberhasilan yaitu predikat ‘lulus’. Begitu juga yang dirasakan siswa-siswi SMK BOPKRI 2, Bintaran, Yogyakarta. Beruntunglah, karena pihak sekolah tanggap akan situasi dan mengajak mereka beberapa saat untuk rekoleksi, melihat kembali apa yang sudah dilakukan dan apa yang harus dilakukan untuk mempersiapkan diri. Bekerjasama dengan Stube HEMAT Yogyakarta, pihak sekolah bersama-sama melakukan pendampingan untuk memberi ketenangan mental dan spiritual serta memotivasi siswa untuk mantap menghadapi UAS dan UAN.

 

 

 

 

 

 

Diikuti 31 siswa, 4 guru dan 1 karyawan, pendampingan ini diselenggarakan Selasa – Rabu, 8 – 9 Januari 2013 di Wisma Omah Jawi Kaliurang. Stenly R. Bontinge, S.T, salah satu tim kerja Stube HEMAT Yogyakarta mengawali dengan memperkenalkan lembaga ini beserta kegiatannya dan membangun keakraban antara tim Stube dengan para peserta.

 

 

 

 

 

 

 

 

Trustha Rembaka, S.Th, koordinator Stube HEMAT Yogyakarta, yang memandu sesi Kekuatiran – Harapan dan Refleksi. Sesi ini memberi kesempatan peserta untuk mengungkapkan kekuatiran yang dihadapi juga harapan mereka secara pribadi. Peserta banyak mengungkapkan kekuatiran tidak mampu menghadapi ujian akhir dan tidak bisa menjadi kebanggaan keluarga. Adapun harapan yang banyak diungkapkan adalah lulus dan mendapat pekerjaan.  Saat refleksi, peserta diajak merenungkan perjalanan hidup yang telah dijalani. Ada beberapa siswa tersentuh dan menangis mengingat kerja keras orang tua, guru dan ada orang-orang yang secara tulus mendukung mereka.

 

 

 

 

 

 

Hari pertama ini ditutup dengan keakraban dan 'sharing' sambil bakar jagung dan roti.

 

 

 

 

 

 

Hari kedua, direktur eksekutif Stube HEMAT, Ariani Narwastujati, S.S. M.Pd. menyampaikan pentingnya manajemen waktu. Siswa-siswi diajak melihat kembali aktivitas keseharian, melihat pengelolaan waktu mereka, kemudian secara interaktif berdialog menemukan bagaimana mengelola waktu secara baik, untuk belajar, pengembangan diri, dan  istirahat. Vicky Tri Samekto pada sesi selanjutnya menyampaikan tentang potensi yang dimiliki siswa-siswi sebagai modal dasar untuk pengembangan diri mereka. Jika pengenalan potensi diri dapat dilakukan dengan baik, maka seseorang akan berkembang secara optimal.

 

 

 

Kegiatan pembekalan ini ditutup dengan kesan pesan dari siswa, guru dan team Stube-HEMAT Yogyakarta. Muncul satu ‘closing statement’ yang bisa menjadi komitmen bersama siswa-siswi, seperti yang diungkapkan Dita, ”Dulu kita masuk SMK BOPKRI 2 bersama-sama, maka kita juga akan lulus bersama-sama pula.” (remb)  ***


  Bagikan artikel ini

pada hari Selasa, 1 Januari 2013
oleh adminstube

  Bagikan artikel ini

Berita Web

 2021 (24)
 2020 (48)
 2019 (37)
 2018 (44)
 2017 (48)
 2016 (53)
 2015 (36)
 2014 (47)
 2013 (41)
 2012 (17)
 2011 (15)
 2010 (31)
 2009 (56)
 2008 (32)

Total: 529

Kategori

Semua  

Youtube Channel

Official Facebook