pada hari Jumat, 17 Desember 2010
oleh adminstube
  Bagikan artikel ini

pada hari Rabu, 15 Desember 2010
oleh adminstube

Kelas Blog

 

 




  Bagikan artikel ini

pada hari Sabtu, 11 Desember 2010
oleh adminstube
  Bagikan artikel ini

pada hari Rabu, 17 November 2010
oleh adminstube
  Bagikan artikel ini

pada hari Rabu, 20 Oktober 2010
oleh adminstube
  Bagikan artikel ini

pada hari Rabu, 6 Oktober 2010
oleh adminstube
  Bagikan artikel ini

pada hari Sabtu, 18 September 2010
oleh adminstube
  Bagikan artikel ini

pada hari Jumat, 10 September 2010
oleh adminstube
  Bagikan artikel ini

pada hari Sabtu, 28 Agustus 2010
oleh adminstube

Seminar Teologi Pembebasan di UKDW

 

Tim kerja Stube-HEMAT, Pdt. Mathelda Yeanne Tadu, S.Si dan Rhony Simatupang bersama teman-teman mahasiswa aktivis Stube-HEMAT mengikuti Seminar Teologi Pembebasan yang diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa, Fakultas Theologia Universitas Duta Wacana pada hari Jumat, 27 Agustus 2010.

 
Seminar ini menghadirkan pembicara AA GN Ari Dwipayana dari Jurusan Ilmu Politik dan Pemerintahan, FISIPOL UGM; Budiono Sri Handoko, Ph.D, FE UGM; dan JB Banawiratma, Fakultas Theologia UKDW.
 
AA GN Ari Dwipayana mengemukakan bahwa realitas perkembangan Indonesia mutakhir di era transisi seringkali diibaratkan sebagai kotak pandora yang terbuka. Terbukanya kotak pandora membuat berbagai kebhinekaan yang tertekan dan terpendam di masa kekuasaan otoritarian Orde Baru mendapatkan saluran untuk keluar. Sehingga, dalam kondisi semacam itu, pluralitas kepentingan dalam masyarakat, baik dengan berbagai ekspresinya yang berkarakter ideologis, kultural, dan ekonomi-politik, teraktualisasi secara bersamaan dalam ranah publik.
 
Budiono Sri Handoko, Ph. D lebih fokus pada masalah ekonomi pembangunan di Indonesia di mana banyak masalah muncul, yakni pengangguran, kemiskinan, ekspoitasi sumber daya alam dan lain sebagainya.
 
JB Banawiratma memberikan materi tentang Teologi Pembebasan yang merupakan suatu perspektif dalam semua bidang teologi, yakni perspektif pembebasan kaum miskin dan tertindas. Dalam konteks tersebut, pembebasan memperjuangkan perberdayaan kaum miskin dan para korban dengan perspektif adil gender, HAM, dan lingkungan hidup.
 
Peserta sangat antusias dengan materi seminar. Hal ini ditunjukkan dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan kepada narasumber.

  Bagikan artikel ini

pada hari Jumat, 20 Agustus 2010
oleh adminstube
  Bagikan artikel ini

pada hari Senin, 9 Agustus 2010
oleh adminstube

Undangan: Diskusi "Tantangan Masyarakat Kota dan Peradabannya

 

Dalam rangka Program Masyarakat Urban, Stube-HEMAT Yogyakarta bekerjasama SOS dan Wadah Titian mengadakan diskusi "Tantangan Masyarakat Kota dan Peradabannya".

Diskusi ini akan diadakan pada hari Jumat, 13 Agustus 2010, pada pukul 15.30 - 17.45 di Sekretariat Wadah Titian, Gedung Agape Lt. Dasar Universitas Kristen Duta Wacana (UKWDW) Yogyakarta dengan narasumber:

Dr. Paulus Bawole (Dosen Arsitektur UKDW) dan Prof. Dr. Susetiawan (Dosen FISIPOL UGM)

Kontribusi: GRATIS

Untuk konfirmasi keikutsertaan, silakan hubungi: Yeanne ( 0852 281 60008) atau Rhoni (0818 0267 8591) paling lambat hari Kamis, 12 Agustus 2010.

 

 


  Bagikan artikel ini

pada hari Sabtu, 7 Agustus 2010
oleh adminstube

Program Masyarakat Urban

 

 

Stube-HEMAT membuka Program Masyarakat Urban untuk mahasiswa pada bulan Juli - September 2010. Program ini bertujuan: 1) memberikan perspektif yang tepat untuk memahami permasalahan masyarakat kota, 2) mengkaji dan menganalisis permasalahan masyarakat kota/masyarakat urban di Indonesia, dan 3) melatih kepekaan dan kepedulian mahasiswa terhadap permasalahan masyarakat kota di Indonesia.

Sasaran program ini adalah mahasiswa Kristiani dan pemuda gereja dengan bentuk kegiatan: diskusi, pelatihan dan eksposur, dan follow up.

Diskusi akan dilakukan pada bulan Juli dan Agustus. Pelatihan akan diadakan di gedung CD Bethesda pada tanggal 3-5 September 2010. Pelatihan mengambil tema "Tantangan Masyarakat Kota dan Peradabannya". Materi pelatihan antara lain: perkembangan kota, analisis sosial masalah perkotaan, dan eksposur (kunjungan lapangan).

Untuk pendaftaran dan informasi lebih lengkap, hubungi:
Yeanne (085228160008) atau kirim email ke stubehemat@yahoo.com.


  Bagikan artikel ini

pada hari Rabu, 4 Agustus 2010
oleh adminstube

Eksposur Lokal tentang Trafficking di NTT

 
oleh:
Saralince Bunga Tadu
Mahasiswa STPMD-APMD Yogyakarta

Sejarah terjadinya trafficking di Indonesia
Pada awalnya, kebijakan penempatan buruh migran adalah reproduksi kebijakan kolonial Belanda yang pada saat itu membutuhkan buruh perkebunan untuk menggarap lahan-lahan perekebunan di kawasan Sumatera. Hingga kemudian juga berlangsung pengiriman orang Jawa dan orang India ke Suriname untuk tujuan yang sama. Pola-pola tersebut adalah mobilisasi tenaga kerja untuk kepentingan kolonial. Sementara pola migrasi orang Bugis, Madura, Bawean, Sasak dan Flores ke Malaysia Semenanjung dan Sabah. Sementara jalur migrasi tenaga kerja ke Timur Tengah terjadi karena “efek samping” perjalanan ibadah haji dan umrah. Disamping itu, kerjasama serikat buruh berbasis Islam juga turut serta memperkuat perikatan tersebut.

  Bagikan artikel ini

pada hari Kamis, 15 Juli 2010
oleh adminstube

Kunjungan Pdt. Clara dari NTT

 

 

 
Kunjungan Alumni
Ke Stube-HEMAT Yogyakarta
 
 
 
Pada 13 Juli 2010 yang lalu, Pdt. Clara dari NTT mengunjungi Stube-HEMAT Yogyakarta. Ketika Pdt. Clara menempuh studi di Yogyakarta, beliau aktif mengikuti kegiatan di Stube-HEMAT Yogyakarta. Pada saat berkunjung ke Stube-HEMAT ini, beliau berbagi pengalaman dan tantangan dalam mendampingi jemaat di NTT.
 

  Bagikan artikel ini

pada hari Sabtu, 10 Juli 2010
oleh adminstube

Gender Workshop, June 2010, Bonn, Germany

 

 

Seperti benih yang bertunas, pengarusutamaan gender berkembang walaupun tidak semudah yang bisa diucapkan. Pengarusutamaan gender melintasi perbedaan budaya, agama, struktur sosial dan berbagai paradigma yang ada. Bertempat di Andreas Hermes Academy, Bonn, Germany, workshop internasional tentang pengarusutamaan gender diadakan dengan mengundang partner organisasi EED dan ESP dari berbagai negara seperti Ghana, Uganda, Kenya, Brazil, Congo, Ecuador, Myanmar, Kamboja, India, dan Indonesia untuk saling berbagi tentang permasalahan gender dan belajar tentang perhatian yang diberikan EED dan ESP dalam mempromosikan keadilan dan kesetaraan perempuan melalui program pendidikan dan pelatihan yang diadakan.

Stube-HEMAT, salah satu organisasi partner ESP di Indonesia berpartisipasi dalam workshop tersebut dengan mengirim Koordinator Stube-HEMAT, Ariani Narwastujati, sebagai wakil lembaga.

Mendorong perempuan untuk setara dengan laki-laki dalam pergaulan sosial tidak semudah yang dibayangkan. Ada banyak kompleksitas dan konflik baik disebabkan oleh faktor internal maupun eksternal. Ditambah lagi zona nyaman yang ada dalam masyarakat seringkali mengabaikan potensi perempuan untuk melakukan lebih dari yang biasanya ia lakukan.

Gender tidak hanya berbicara masalah perempuan yang tertindas, namun juga kesetaraan antara perempuan dan laki-laki. Perbedaan latar belakang para peserta memberikan dinamika yang menarik karena memberikan kesempatan bagi tiap-tiap peserta untuk mendengarkan persoalan-persoalan yang dihadapi oleh negara atau benua mereka.

Di Myanmar contohnya, dimana perempuan tidak bebas bergerak atau berkarya karena budaya, sistem patriarki, dan peraturan keagamaan di sana.

Banyak perempuan di dunia belum menyadari bahwa mereka seringkali menjadi korban dari sistem pendidikan, politik, ekonomi yang tidak mengutamakan kesetaraan. Siapa yang bertanggungjawab terhadap hal ini? Jawabannya adalah seluruh anggota masyarakat. Kesadaran terhadap kesetaraan gender adalah kunci untuk memampukan perempuan untuk bebas dan mandiri sehingga memberikan kontribusi positif bagi masa depan komunitas.


  Bagikan artikel ini

pada hari Senin, 5 Juli 2010
oleh adminstube

Eksposur Lokal ke Sumba, Palembang, dan Lampung

 

 


Di bulan Juli 2010 ini ada 3 teman yang akan melakukan program eksposur lokal. Mereka adalah mahasiswa dari Sumba, Palembang, dan Lampung.

Eti, dari Sumba, mahasiswa Biologi UKDW, akan melakukan analisis daya dukung lingkungan di daerah ekowisata air terjun Laiputi di Praingkareha, Sumba Timur. Ia melihat pengelolaan ekowisata di sana perlu ditingkatkan kualitas pengelolaannya, terutama berkaitan dengan kelestarian lingkungan hidup.


Vicky, dari Palembang, mahasiswa Teologi STAK Marturia, akan magang di Yayasan Bina Mandiri untuk program pengembangan pertanian organik di Desa Cinta Manis Baru Sumatera Selatan. Vicky ingin turut membangun kesadaran warga jemaat Cinta Manis Baru akan bahaya dari penggunaan pupuk dan obat-obat kimia sebagai sarana perawatan tanaman dalam jangka panjang.


Victor, dari Lampung, mahasiswa Teologi STAK Marturia, akan melakukan kegiatan berkaitan dengan pengelolaan air di jemaat GKSBS Rawajitu, Lampung. Kualitas air di sana cukup buruk karena ada di lingkungan lahan gambut. Harapan dari kegiatan ini, jemaat GKSBS Rawajitu: 1) menyadari pentingnya air bersih bagi kehidupan, 2) menggunakan kearifan lokal untuk memperbaiki kualitas air, dan 3) menjalin hubungan yang baik dengan masyarakat setempat dan juga lembaga sosial non pemerintah yang bergerak di bidang pengelolaan air.


  Bagikan artikel ini

pada hari Kamis, 10 Juni 2010
oleh adminstube

Program Juli-Desember 2010

 

 

 

Pada bulan Juli-Desember 2010, ada 3 program yang ditawarkan oleh Stube-HEMAT: 1) Masyarakat Urban, 2) Manajemen Informasi, dan 3) Peningkatan Kapasitas, 4) Eksposur Lokal.

 

Untuk program 1, 2, dan 3, kami akan menginformasikannya lebih lengkap setelah persiapan program kami selesaikan. Untuk program Eksposur Lokal, teman-teman dapat mengajukan proposal paling lambat 31 Juli 2010.

Untuk informasi lebing lengkap, silakan hubungi Stube-HEMAT.


  Bagikan artikel ini

pada hari Selasa, 8 Juni 2010
oleh adminstube

Pelatihan Pengelolaan Sampah

 

 

(under reconstruction)


  Bagikan artikel ini

pada hari Kamis, 8 April 2010
oleh adminstube

Kunjungan ke SAPDA

 
Pdt. Yeanne, koordinator Program Gender mengadakan kunjungan ke SAPDA dalam rangka persiapan pelatihan gender untuk mahasiswa. SAPDA merupakan singkatan dari Sentra Advokasi Perempuan, Difabel, dan Anak. SAPDA akan menjadi salah satu lembaga yang akan dikunjungi oleh teman-teman peserta pelatihan gender besok 9-11 April 2010.


SAPDA melakukan advokasi untuk perempuan, difabel, dan anak di beberapa tempat di Yogyakarta, khususnya di Bantul pasca gempa 2006 yang lalu.

  Bagikan artikel ini

pada hari Kamis, 1 April 2010
oleh adminstube

Diskusi Film Bougenville

 

 

 

Untuk memulai Program Gender, Stube-HEMAT Yogyakarta mengadakan diskusi film pada hari Kamis, 25 Maret 2010 yang lalu. Film yang didiskusikan adalah film Bougenvile yang menceritakan tentang kehidupan masyarakat Bougenville setelah diisolasi karena kepentingan ekonomi politik. Film ini merupakan film dokumenter yang menarik karena mengisahkan bagaimana peran perempuan Bougenville dalam mengembangkan kehidupan masyarakat Bougenville dalam kondisi yang sulit.


Diskusi dipandu oleh Ika dari Komunitas Aji Damai. Diskusi berjalan dengan menarik, karena selain mengomentari tentang film yang diputer, peserta juga diajak untuk saling berbagi mengenai pemahamannya tentang gender dalam kehidupan sehari-hari.


  Bagikan artikel ini

pada hari Rabu, 3 Maret 2010
oleh adminstube

Program Gender 2010

 

Dalam rangka membangun kesadaran mahasiswa akan permasalahan gender di Indonesia, Stube-HEMAT Yogyakarta membuka Program Gender di bulan Maret-April 2010. Program ini diadakan untuk mendorong mahasiwa memiliki sensitivitas gender dalam kehidupan sehari-hari, baik di dunia kampus, masyarakat, dan dunia kerja.

Program ini bertujuan:

  1. Membangun kesadaran peserta akan ketidakadilan relasi perempuan dan laki-laki yang menyebabkan diskriminasi dan eksploitasi terhadap perempuan.
  2. Membuka pemikiran terhadap segala bentuk diskriminasi dan kekuasaan yang disebabkan oleh jenis kelamin.
  3. Membuka wawasan bahwa perempuan bisa berpartisipasi dalam semua bidang kehidupan.
  4. Membangun kesadaran perlunya melibatkan perempuan dalam kekuasaan dan kontrol atas sumberdaya secara adil.

Bentuk kegiatan:

  1. Diskusi mingguan
  2. Pelatihan dan eksposur,
  3. Follow up pelatihan

Pelatihan diadakan pada hari Jumat - Minggu, 9 - 11 April 2010 di Wisma Santi Darma, Godean.

Materi:

  1. Feminisme (sejarah feminisme, aliran-aliran dalam feminisme, teologi feminis, dan ekofeminisme).
  2. Gender (perbedaan seks dan gender, analisis gender, gender dan agama, pembangunan berperspektif gender, ketidakadilan gender dan bentuk-bentuknya, dan gender dan politik).

Bagi teman-teman mahasiswa Kristiani yang tertarik mengikuti Program ini, silakan mendaftar ke Sekretariat Stube-HEMAT Yogyakarta, Jl. Tamansiswa 166 Yogyakarta atau mengirim e-mail ke stubehemat@yahoo.com. Contact person Pdt. Mathelda Yeanne Tadu, S.Si (Teologi) – 085228160008.


  Bagikan artikel ini

pada hari Senin, 1 Maret 2010
oleh adminstube

Program Orientasi Stube-HEMAT Yogyakarta

 

 

(sedang dalam perbaikan)


  Bagikan artikel ini

pada hari Sabtu, 20 Februari 2010
oleh adminstube

Ayo Ikut Pelatihan dalam rangka Program Orientasi Stube-HEMAT 26-28 Februari 2010

 

 

Dalam rangka Program Orientasi 2010, Stube-HEMAT mengadakan pelatihan untuk mahasiswa Kristiani yang akan diadakan di Hotel Wijaya pada 26-28 Februari 2010.

Program Orientasi dilakukan dengan tujuan: 1) memperkenalkan Stube-HEMAT Yogyakarta, 2) membangun kepemimpinan mahasiswa, 3) menawarkan sarana untuk pembentukan dan pengembangan diri bagi mahasiwa, dan 4) mengenal potensi diri mahasiwa dan cara pengembangannya.

 

Dalam pelatihan kali ini, ada leadership fun game seru untuk peserta dan materi-materi tentang kepemimpinan dan pengembangan diri. Untuk mengikuti kegiatan ini, silakan hubungi RRicky (085292797076), Paulina (085292648738). Peserta tidak dipungut biaya. Peserta terbatas 30 orang.

  Bagikan artikel ini

pada hari Senin, 15 Februari 2010
oleh adminstube
  Bagikan artikel ini

pada hari Rabu, 10 Februari 2010
oleh adminstube

Stube-HEMAT di Acara Peringantan 40 Hari Meninggalnya Gus Dur

 

Stube-HEMAT Yogyakarta menjadi bagian dari acara memperingati 40 hari meninggalnya Bapak Plurarisme, Gus Dur, yang diadakan oleh Aji Damai di Kompleks Taman Budaya, pada tanggal 7 Februari 2010 yang lalu.

Rhony Simatupang, Humas Stube-HEMAT, bersama beberapa mahasiswa aktivis Stube-HEMAT menjadi panitia acara. Acara ini melibatkan banyak lembaga yang menjadi bagian dari komunitas Aji Damai. Masing-masing lembaga yang terlibat memberikan atraksi yang menarik, mulai dari vocal group, teater, grup band, sampai pertunjukkan barongsai yang memukau penonton.

Pdt. Yeanne, tim kerja Stube-HEMAT, juga memberikan kontribusi dalam sesi doa bersama para pemuka agama. Acara ini berjalan dengan lancar dan menarik. Kegiatan seperti ini perlu terus dikembangkan untuk memupuk rasa persaudaraan dan kebersamaan antar berbagai kelompok yang ada di masyarakat.

  Bagikan artikel ini

pada hari Senin, 8 Februari 2010
oleh adminstube

Eksposur ke "Gereja Bambu" GKJ Tegalrejo

 

 

Pdt. Mathelda Yeanne Tadu, S. Th, tim kerja Stube-HEMAT bersama board Stube-HEMAT, Pdt. Bambang Sumbodo, M. Min dan mahasiswa yang berminat untuk belajar tentang bambu mengunjungi GKJ Tegalrejo yang bangunannya dibuat dari bambu.
Gereja ini ada di Bantul, didirikan pada tahun , dan merupakan gereja yang menjadi bagian dari klasis Selatan GKJ di Yogyakarta.

Gereja dengan bangungan dari bambu adalah suatu fenomena yang menarik. Di tengah trend bangunan beton, bangunan dari bambu membawa nuansa lokalitas yang unik dan menarik untuk dikaji lebih jauh. Bambu yang biasanya dianggap sebagai bahan yang rapuh, ternyata mampu menjadi bahan bangunan yang layak untuk diperhitungkan.



Bangungan gereja seperti ini, yang memperhitungkan lokalitas, menunjukkan bahwa GKJ Tegalrejo adalah gereja yang memperhatikan konteks pelayanan di mana dia berada. Kritik pada bangunan dari bambu, dari segi estetika dan keawetannya, seyogyanya dijawab dengan arsitektur bangunan yang menarik dan keawetan bangunan, seperti yang ditunjukkan oleh GKJ Tegalrejo. Tertarik untuk datang ke sana?


  Bagikan artikel ini

pada hari Jumat, 5 Februari 2010
oleh adminstube

Hospitasi Ika di Tentena

 
Pada tanggal 19 Februari 2010, Friskal Gustiani Koho, mahasiswa yang mengikuti program hospitasi mempresentasikan apa yang dia lakukan selama hospitasi. Hospitasi Ika dilakukan di Poso, Sulawesi Tengah, bekerjasama dengan GMKI Tentena.

Aktivitas yang dilakukan adalah menggalang kerjasama di Tentena untuk melakukan kegiatan kepedulian lingkungan. Kegiatan yang dilakukan adalah membersihkan sampah di bekas pasar di kota Tentena yang terbengkelai. Kegiatan ini didukung oleh GMKI, sekolah-sekolah di Tentena, dan pemerintah daerah. Agenda selanjutnya adalah membersihkan Danau Poso yang akan menjadi program lan

  Bagikan artikel ini

pada hari Sabtu, 23 Januari 2010
oleh adminstube

Dibuka: Kelas Blog pada bulan Maret 2010

 

Stube-HEMAT Yogyakarta membuka kelas BLOG bagi teman-teman mahasiswa yang ingin belajar membuat blog pada bulan Maret yang akan datang. Materinya:
 
- Apa itu blog?
- Mengenal blogspot dan wordpress.
- Membuat blog dengan blogspot atau wordpress.
- Mengatur tata letak blog.
- Manajeman content blog.
- Blog untuk bisnis.
 
Pertemuan akan diadakan satu kali dalam satu minggu selama bulan Maret. Bertempat di sekretariat Stube-HEMAT Yogyakarta, Jl. Taman Siswa 166, Yogyakarta. Waktu menyusul.
Fasilitas: modul, fasilitas wifi, snack, pendamping belajar dari Stube-HEMAT Yogyakarta, dan sertifikat. Kontribusi Rp 10.000,00.
Untuk keterangan lebih lengkap hubungi Aji (085642248120). Kelas angkatan 1 ini terbatas untuk 5 peserta. Ayoo teman-teman segera daftar! ^^

  Bagikan artikel ini

pada hari Sabtu, 16 Januari 2010
oleh adminstube

Diskusi "Dugem di Perpustakaan, Yuk"

 

Sondang Marpaung, mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi UGM, yang seringkali mengikuti kegiatan di Stube-HEMAT Yogyakarta, menjadi salah satu pembicara dalam acara Diskusi "Dugem di Perpustakaan, Yuk" yang diadakan di Gedung Arsip. Kegiatan ini merupakan kerjasama Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah Kota Yogyakarta.
Dalam diskusi ini dibahas bagaimana membuat perpustakaan menjadi tempat yang menarik bagi anak muda Yogya di masa sekarang ini.

  Bagikan artikel ini

pada hari Sabtu, 9 Januari 2010
oleh adminstube
  Bagikan artikel ini

pada hari Sabtu, 2 Januari 2010
oleh adminstube

Presentasi Hospitasi ke NTT

 

Saralince B. Tadu, mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi STPMD APMD Yogyakarta, akan melakukan penelitian tentang perdagangan manusia (trafficking) di NTT. Penelitian ini dilakukan dalam rangka Program Hospitasi, di mana mahasiswa kembali ke daerah asal untuk memetakan permasalahan yang ada di daerah asal dan memberikan tawaran solusi untuk mengatasinya. Program ini juga dimaksudkan untuk membangun kesadaran mahasiswa untuk kembali ke daerah asal dan membangun daerahnya setelah menyelesaikan studinya di Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan selama bulan Desember 2009.

  Bagikan artikel ini

Berita Web

 2020 (45)
 2019 (37)
 2018 (44)
 2017 (48)
 2016 (53)
 2015 (36)
 2014 (47)
 2013 (41)
 2012 (17)
 2011 (15)
 2010 (31)
 2009 (56)
 2008 (32)

Total: 502

Kategori

Youtube Channel

Official Facebook