pada hari Selasa, 28 Januari 2014
oleh adminstube
 

 

 

 

 

 

 

 

 

Program Pelatihan Christianity

 

 

 

Mari ikut program Christianity Training, sebuah rangkaian pelatihan yang mengungkap respon gereja terhadap isu dan permasalahan masyarakat, mendalami paradigma dan bentuk pelayanan gereja berupa diakonia transformatif dan mengetahui potensi dan sejauh mana kaum muda sebagai bagian dari pembangun bangsa mampu berkarya dan berperan terhadap masyarakat

 

 

 

Tema:
“Kaum Muda: Beriman Dan Bertindaklah!”

 

 
Bentuk:
Seminar sehari, eksposur, dan follow-up

 

Sasaran:
Pemuda Gereja, Mahasiswa Kristen, Aktivis dalam Masyarakat

 

 
Materi:

 

1. Menilai Respon Gereja Terhadap Isu dan Permasalahan Masyarakat

 

2. Mengerti Paradigma dan Bentuk Pelayanan Gereja: Diakonia Transformatif

 

3. Mengetahui Potensi dan Posisi Kaum Muda sebagai Bagian dari Pembangun Bangsa

 

 

 

Pelaksanaan:

 

 

 

Seminar Sehari

 

Sabtu, 1 Februari 2014
di Aula LPPS Samirono Baru Yogyakarta

 

 

 

Eksposur

 

Jumat – Minggu, 7 – 9 Februari 2014

 

Eksposur di Kampung Laut, Cilacap

 

Bersama Romo Carolus
(tokoh pejuang kemanusiaan, motivator)

 

 

 

 

 

Kontak Panitia

 

Stube-HEMAT Yogyakarta

 

 

 

 

 


  Bagikan artikel ini

pada hari Selasa, 28 Januari 2014
oleh adminstube
Pembinaan Guru Sekolah Minggu

 

GKJ Sentolo

 

 

 

Follow-Up Pelatihan Pembangunan Berkelanjutan

 

 

  

 

Mendidik anak-anak sekolah minggu adalah bagian dari permulaan pembangunan karakter dan menjadi bekal kelak hidup dalam masa dewasa…”. Demikian petikan sambutan Stenly, tim kerja Stube-HEMAT Yogyakarta, mengawali pembukaan acara Pembinaan Guru Sekolah Minggu, Gereja-gereja Kristen Jawa (GKJ) Sentolo, 26 Januari 2014.

 

Sembilan orang melakukan follow-up berupa pembinaan Guru Sekolah Minggu di GKJ Sentolo. Masing-masing mereka adalah Stenly, Paulus, Resky, Ian, Eva, Deko, Dwi, Yohanes, dan Yanto. GKJ Sentolo terdiri dari dua pepanthan (gereja pos) dan satu induk. Pepanthan Jangkang, pepanthan Tuksono, dan induk Sentolo. Pada bulan Desember 2013 yang lalu, pelayanan khotbah dilakukan di pepanthan Jangkang sementara pelayanan dilakukan di gedung induk Sentolo. Pada tanggal 26 januari 2014 ini, telah dilakukan serangkaian acara dan pembagian materi persiapan mengajar sekolah minggu di gedung Sentolo.



 

Paulus memberikan berbagai trik mempersiapkan materi, aktifitas, dan peraga sekolah minggu. Pertama, materi dipersiapkan dengan tujuan khusus. Jika tema sudah ditetapkan maka guru-guru sekolah minggu wajib mencerna kembali, karena materi dalam buku pembimbing bukanlah bahan jadi. Tugas seorang guru sekolah minggu adalah membuat bahasa buku menjadi bahasa yang dikenal oleh anak-anak setempat mengingat bahasa masing-masing anak berbeda pada setiap lokasi.

 

Kedua, aktivitas berbeda dengan peraga. Aktivitas membantu anak untuk dapat menemukan tindakan aplikatifnya, sementara peraga membantu anak untuk membayangkan contoh kongkritnya. Persiapan aktifitas dan peraga tidak harus mendatangkan dari tempat jauh, apalagi dari kota. Cemara untuk natal ataupun lilin untuk peraga sebenarnya dapat diganti dengan pepohonan ataupun alat lain yang dijumpai di sekitar gereja.
 

Pdt. Gogod mewakili Majelis Jemaat GKJ Sentolo, mengungkapkan pengalamannya dalam menjadi cantrik. Cantrik berarti pemuridan. Sebelum menjadi pelayan Tuhan di Gereja, ia terlebih dahulu belajar menjadi pelayan praktek di GKJ Kotagede.

 

Pembinaan seperti ini dapat bermanfaat bagi semua. Bagi teman-teman Stube, cara-cara untuk memimpin ataupun mengorganisir acara dan membagikan materi bisa dipelajari di sini. Ditambahkan oleh Pdt. Gogod, Guru sekolah minggu mendapatkan masukan berupa materi-materi dan metode ajar. Harapannya adalah sebentar lagi tidak ada lagi guru sekolah minggu yang canggung ataupun enggan mengajar ketika mendapat tugas.



 

Penugasan mengajar sekolah minggu adalah panggilan dan bukan komando yang menjadikan jantung dag-dig-dug, grogi dan gentar sehingga takut mengajar. Dengan pembinaan ini pula, guru-guru sekolah minggu mendapatkan motivasi menyampaikan sukacita Kristus kepada para anak didik.

 

Merespon pembinaan yang dilakukan ini, guru-guru sekolah minggu peserta kegiatan berharap agar pembinaan seperti ini bisa dilakukan berkesinambungan. Teman-teman mahasiswa dari Stube menyambut baik harapan ini, maka bukan tidak mungkin kelompok ini akan datang kembali dan membagikan materi pembinaan sekolah minggu yang kedua.

 

Guna menjaga relasi dan memberi wadah komunikasi, para peserta diberi nomor kontak dan alamat email, sehingga mereka dapat bertanya atau membagikan pengalaman mengajar sekolah minggu. Para mahasiswa Stube merasakan sukacita yang luar biasa karena boleh berbagi pengalaman dengan para jemaat di GKJ Sentolo, mulai dari anak-anak sampai para guru sekolah minggu. Kiranya kegiatan ini boleh menjadi berkat bagi semua. ***


  Bagikan artikel ini

pada hari Sabtu, 18 Januari 2014
oleh adminstube
Pembekalan Siswa SMK BOPKRI 2 YOGYAKARTA
PERCAYA DIRI DAN LAKUKAN YANG TERBAIK
Guest House Duta Wacana, 15 – 16 Januari 2014
 
Peserta pembekalan siswa bersama pamong guru dan team Stube-Hemat Yogyakarta
  
Keberhasilan dalam menjalani rangkaian ujian akhir di Sekolah Menengah Kejuruan BOPKRI 2 Yogyakarta merupakan harapan yang tersemat dalam setiap benak siswa dan para guru. Keberhasilan tidak diraih dengan mudah, karena merupakan hasil proses belajar selama tiga tahun.
 

 


Masa ujian akhir menjadi masa mendebarkan bagi setiap siswa. Siswa berada dalam pilihan antara lulus atau gagal. Tantangan berlanjut ketika lulus, karena mereka akan berhadapan dengan persaingan dalam dunia kerja dan perjuangan hidup. Merespon situasi tersebut, pihak sekolah mengadakan pembekalan berupa refleksi dan penguatan, melihat kembali keberadaan diri dengan kelebihan dan kekurangan, apa yang telah terjadi diwaktu lalu serta apa yang bisa dilakukan untuk masa depan
 


Stube HEMAT Yogyakarta kembali dipercaya pihak sekolah bersama-sama melakukan pendampingan dan penguatan mental, spiritual serta memotivasi siswa menghadapi UAS dan UAN. Kegiatan yang diikuti 41 siswa ini diselenggarakan Rabu – Kamis, 15 – 16 Januari 2014 di Guest House Duta Wacana. Vicky Tri Samekto, salah satu tim kerja Stube HEMAT Yogyakarta membuka acara dan memperkenalkan lembaga dan kegiatan-kegiatannya. Peserta juga menuliskan harapan dan kekuatiran yang ada dalam benak mereka. Yohanes D. Alpasa, tim kerja Stube-HEMAT Yogyakarta, melanjutkan dengan aktivitas untuk mengakrabkan antara tim Stube dengan para peserta. Selain itu, peserta diminta menggambarkan keberadaan dirinya dengan kelebihan dan kekurangannya dalam suatu simbol dan menceritakan apa yang mereka gambarkan.
 
 
Keesokan harinya, Sofia Atalia, tim kerja Stube-HEMAT Yogyakarta, membagikan analisa S-W-O-T (Strength, Weakness, Opportunity dan Threat) yang dimiliki dan dihadapi oleh peserta.
 
Trustha Rembaka, S.Th, koordinator Stube-HEMAT Yogyakarta, membagikan prinsip manajemen waktu dan membangun komitmen di dalamnya. Peserta menuliskan aktivitas dalam satu hari dan menceritakannya di hadapan teman-temannya. Ternyata ada hal-hal yang terungkap ketika peserta menceritakan aktivitas kesehariannya. Penyampaian yang dilengkapi dengan video dan aktivitas interaktif ini ditutup dengan refleksi pribadi dalam iringan lagu Semua Baik, peserta diajak merenungkan kembali perjalanan hidup yang telah dijalani, bahwa waktu sangatlah berharga dan harus dimanfaatkan sebaik-baiknya. Kemudian peserta mengingat kembali dan menyebutkan orang-orang yang mendukung perjuangan mereka. Beberapa peserta merasakan sentuhan pribadi dan menangis ketika mengingat kembali waktu-waktu yang telah mereka jalani, serta betapa keras perjuangan orang-orang yang tulus mendukung mereka, orang tua, keluarga, dan para guru.
 
Bernadeta Arum, salah satu peserta menceritakan aktivitas sehari-harinya
 

 

Komitmen para peserta untuk memberikan yang terbaik demi orang-orang yang mendukung mereka, menjadi pesan penutup dalam kegiatan pembekalan ini. (TRU)
 

  Bagikan artikel ini

pada hari Rabu, 1 Januari 2014
oleh adminstube

 

 

 

Stube-HEMAT Yogyakarta

 

tahun 2014 

 


  Bagikan artikel ini

Berita Web

 2021 (24)
 2020 (48)
 2019 (37)
 2018 (44)
 2017 (48)
 2016 (53)
 2015 (36)
 2014 (47)
 2013 (41)
 2012 (17)
 2011 (15)
 2010 (31)
 2009 (56)
 2008 (32)

Total: 529

Kategori

Semua  

Youtube Channel

Official Facebook