pada hari Rabu, 12 Oktober 2016
oleh adminstube
YOUTH PROBLEM

 

Dear Masa Depan, Tunggu Saya!

 


 

Berbicara anak muda sering kali dikaitkan dengan beberapa hal seperti keberanian, rasa ingin tahu, coba-coba, diet ketat, begadang, seks bebas, narkoba, jomblo, hawa nafsu, dan masih banyak lagi situasi yang bisa digambarkan dan dikaitkan dengan darah muda. Kehidupan anak muda memang dipenuhi gejolak emosi dan semangat yang membara. Anak-anak muda yang mengalami permasalahan dalam kehidupannya biasanya jauh dari kehidupan sosial masyarakat dan buruknya lagi, masyarakat cenderung mengabaikannya.

 

 

 
Banyaknya permasalahan dalam kehidupan anak muda, Stube-HEMAT Yogyakarta yang merupakan wadah belajar bagi mahasiswa yang belajar di Yogyakarta, mengadakan pelatihan yaitu berkaitan dengan anak muda dengan tema “Youth Problem”.

Tujuan dari pelatihan ini agar peserta mampu mengenali kebiasan hidup yang mengancam nilai kehidupan, dan mampu menempatkan diri dan berkomitmen melakukan kebiasaan hidup yang baik. Harapannya adalah peserta mampu memanfaatkan potensi yang ada di dalam diri mereka untuk mengambil bagian dalam setiap kegiatan sosial masyarakat serta dapat menjadi anak muda yang mandiri, tegas dan bertanggung jawab bagi diri sendiri, keluarga ,dan masyarakat.

 


 

 

Pelatihan yang di mulai dari Jumat, 7 Oktober hingga Minggu, 9 Oktober 2016 di Wisma Camelia Kaliurang km 21.5 berjalan lancar, meski cuaca kurang bersahabat. Semua peserta nampak sangat antusias mengikuti semua sesi yang sudah dibuat panitia sampai pelatihan berakhir.

 


 

 

Dua orang pemateri yang memiliki keahlian dalam bidang mereka masing-masing dihadirkan dalam pelatihan ini. Yang pertama, Kuriake Kharismawan, S.Psi,. M.Psi, dosen psikologi UNIKA Soegijapranata, Semarang dan yang kedua adalah Pdt. Hendri Wijayatsih, MA dosen Theologi UKDW Yogyakarta. Para pemateri menyampaikan hal-hal yang terkait dengan Pemetaan Pribadi: Menemukan Diri Saya yang Sesungguhnya; Mengembangkan Diri dari Apa Yang Ada dalam Diri; dan Aku dengan Perspektif yang Baru.

 


 

 

Di akhir pelatihan peserta merancang satu kegiatan tindak lanjut. Dalam kegiatan follow up ini peserta mengelompokkan diri kedalam tujuh kelompok yang terdiri dari pembuatan video dokumenter tentang pendapat beberapa orang mengenai seks bebas (Rudi), diskusi dan sharing di kalangan mahasiswa PMK ITY (Selvi & Tamjos), kelompok olah raga futsal untuk mempererat hubungan anak-anak muda kampus melalui kegiatan positif (Mika), berbagi cerita kepada teman-teman kos dan kampus (Endang), mengadakan diskusi dan melakukan penghijauan di Asrama Marturia (Ike & Titin), diskusi lanjutan dengan teman-teman mahasiswa Sanata Dharma (Septi & Dodie), serta menulis artikel tentang Masalah Generasi Muda (Agus & Umbu Wahi).

 


 


Perkembangan zaman selalu memberi dan menantang anak muda dengan permasalahannya, namun dengan sedikit sentuhan dari Stube-HEMAT, teman-teman muda dapat memilih, mengambil keputusan dan berkomitmen melakukan kebiasaaa hidup yang sehat, baik dan mampu memberi dampak positif bagi dirinya, teman-teman sekitar, keluarga, dan masyarakat secara luas. (SA)


  Bagikan artikel ini

Berita Web

 2020 (45)
 2019 (37)
 2018 (44)
 2017 (48)
 2016 (53)
 2015 (36)
 2014 (47)
 2013 (41)
 2012 (17)
 2011 (15)
 2010 (31)
 2009 (56)
 2008 (32)

Total: 502

Kategori

Semua  

Youtube Channel

Official Facebook