pada hari Rabu, 7 September 2016
oleh adminstube
PERKUAT MOTIVASI Bersama Stube-HEMAT

 

Pengenalan Lingkungan Kampus (PLK)

 

Institut Teknologi Yogyakarta

 

Kampus ITY, Senin, 5 September 2016

 


 

Yogyakarta menjadi tujuan belajar anak-anak muda dari berbagai penjuru nusantara untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi. Berbagai jurusan studi yang didukung fasilitas pendidikan yang baik menjadi daya tarik mahasiswa baru. Selain situasi kota Yogyakarta yang nyaman untuk belajar dan biaya hidup yang terjangkau, mudahnya akses informasi menambah ketertarikan mahasiswa baru untuk melanjutkan studi di kota ini.


Hal ini terungkap dalam Pengenalan Lingkungan Kampus (PLK) Institut Teknologi Yogyakarta (ITY) 5 – 7 September 2016 yang bertema “Orientasi Mahasiswa dalam Pembentukan Pribadi yang Berkarakter Kritis, Harmonis dan Berintegritas untuk ITY yang lebih Baik”. PLK 2016 diikuti 202 peserta mahasiswa baru ITY yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Salah satu sesinya membahas Motivasi dengan fasilitator Trustha Rembaka, S.Th, koordinator Stube-HEMAT Yogyakarta.

 

Di awal sesi,  fasilitator mengundang enam mahasiswa untuk menyusun peta Indonesia. Meskipun sempat mengalami kesulitan, mereka akhirnya mampu menyusun dengan baik fragmen-fragmen peta pulau-pulau Indonesia. Selanjutnya, para mahasiswa baru diingatkan untuk cerdas dan bijak ketika berada di Yogyakarta. Bagaimana beradaptasi dengan lingkungan baru dan berbeda dibandingkan daerah asalnya, berbaur dengan masyarakat di mana mereka tinggal, menjaga fokus pada tujuan mereka ke Yogyakarta untuk belajar dan sampai pada kesadaran bahwa ilmu mereka bermanfaat untuk sesama dan lingkungan.

 

 

 

Pada kenyataannya, berbagai berita muncul di media tentang dinamika mahasiswa, dari berita yang membanggakan seperti mahasiswa mendampingi suatu desa mengolah jahe menjadi minuman sirup jahe, menjadi pemuda pelopor DIY, melakukan edukasi lingkungan kepada siswa SD, kerjabakti bersama warga sekitar kost dan menginspirasi warga suatu desa mengembangkan batik printing. Namun, di sisi lain ada berita menyedihkan ketika mahasiswa saling bermusuhan karena berbeda daerah, terlibat narkoba dan pergaulan bebas, drop out dan bahkan mati sia-sia karena miras oplosan, gantung diri dan pembunuhan.

 

 

Fasilitator mengingatkan bahwa motivasi terkuat adalah dorongan yang timbul dari dalam diri seseorang secara sadar untuk melakukan suatu tindakan dengan tujuan tertentu dan merupakan suatu usaha yang dapat menyebabkan seseorang tergerak melakukan sesuatu untuk mencapai tujuan yang dikehendaki atau mendapat kepuasan dengan perbuatannya. Selanjutnya, peserta diajak mengingat kembali pesan-pesan dari orang-orang terdekat mereka ketika akan berangkat ke Yogyakarta, merenungkan pesan-pesan itu dan menuliskannya menjadi tulisan motivasi pribadi dan kemudian ber-sharing dengan teman-teman kelompok.

 

 

 

Salah satu peserta, Puri, dari Wonogiri, Jawa Tengah mengungkapkan bahwa ia akan kuliah serius, ia sadar bahwa kesempatan untuk kuliah adalah berkat yang sangat berharga, ia tidak mampu melanjutkan studi di perguruan tinggi jika tidak ada orang lain yang tergerak membiayai studinya.

 

 

 

Fasilitator memberi kesempatan kepada Agustinus Soleh, mahasiswa APMD yang berasal dari Long Alango, di pedalaman Kalimantan Utara untuk berbagi cerita perjalanan ke Yogyakarta. Dari desanya di Long Alango, ia harus berjuang selama tiga sampai empat hari menggunakan perahu melewati sungai yang sangat deras dan berbatu-batu menuju Tarakan. Sebelum akhirnya naik pesawat dari Tarakan menuju Yogyakarta.

 

 

 

Di akhir sesi, fasilitator mengajak peserta dan panitia untuk bersama-sama menyanyi lagu Tanah Airku, sebagai panggilan untuk membaktikan ilmu kepada negeri ini. Beberapa peserta pun menitikkan air mata ketika menyanyikan lagu tersebut.

 

 

Selamat belajar di Yogyakarta dan membaktikan ilmu untuk negeri, teman-teman. (TRU).


  Bagikan artikel ini

Berita Web

 2020 (45)
 2019 (37)
 2018 (44)
 2017 (48)
 2016 (53)
 2015 (36)
 2014 (47)
 2013 (41)
 2012 (17)
 2011 (15)
 2010 (31)
 2009 (56)
 2008 (32)

Total: 502

Kategori

TAG 1  TAG 2  TAG 3  TAG 4  TAG 5  TAG 6  TAG 7  TAG 8  TAG 9  TAG 10  TAG 11  TAG 12  TAG 13  

Youtube Channel

Official Facebook