pada hari Kamis, 11 Agustus 2016
oleh adminstube
Temukan Kreatifmu

 

Lakukan Bisnismu

 


 

Bisnis dan Kreatif, dua topik pembicaraan yang menarik! Sebagian orang ingin menekuni bisnis untuk meraih kesuksesan dan saat ini tak sedikit mahasiswa sukses berbisnis di usia muda. Kunci dari semua itu adalah kreativitas manusia. Kreativitas  manusia dan inovasi  merupakan sumber ekonomi yang paling utama. Membuka wawasan dan menumbuhkan ide kreatif menjadi maksud Stube-HEMAT mengadakan pelatihan bisnis kreatif selama tiga hari yang berusaha memotivasi, menginspirasi dan membekali peserta untuk mengenal dan terjun dalam dunia bisnis yang kreatif.

 

 

 

 

 

 

 
Program diawali dengan diskusi awal bersama Yohanes Andri Wardhana, seorang General Manager perusahaan Sebangsa yang bergerak di bidang pengembangan media komunitas, dengan topik aplikasi game dan bisnis dalam dunia digital. Diskusi awal dilakukan pada tanggal 6 Agustus 2016 di Sekretariat Stube-HEMAT yang membahas perkembangan dunia internet, data pengguna media sosial, Facebook, Line, Instagram dan lain-lain yang ada di Indonesia, serta peluang bisnis lewat game dan dunia maya.

 

 

Kegiatan berlanjut dengan pelatihan 12-14 Agustus 2016 di Wisma Lentera Kasih, Kalibawang, Kulonprogo. Peserta didorong untuk menciptakan ide-ide bisnis yang kreatif di hari pertama. Mereka diminta memikirkan perlunya berbisnis di era saat ini. Trustha Rembaka di dalam ibadah pembuka menyampaikan peluang mengenai hal-hal di sekitar yang bisa diubah menjadi sesuatu yang bernilai. Peserta dibagi menjadi beberapa kelompok untuk saling memotivasi dan membicarakan ide-ide kreatif dalam berbisnis.

 

 

Pelatihan ini mengundang beberapa fasilitator yang ahli di bidangnya, yang juga merupakan praktisi bisnis. UMKM Yogyakarta diwakili Sugiyanto, Sos., M.M., menyampaikan tentang 5W+1H yang meliputi: Bisnis apa yang ingin dilakukan? Siapa yang akan menjadi jejaring? Mengapa memilih bisnis tersebut? Dimana bisnis akan dimulai? Kapan akan memulai bisnis? Selain itu ada  tiga poin penting dalam bisnis yang disampaikan yakni “Ikhlas, Cerdas dan Tangkas”.



Materi dengan cara permainan membuat suasana jadi menyenangkan terlebih dengan hadirnya pengusaha muda batik kreatif Miftahudin Nur Ihsan yang menggeluti motif batik yang disesuaikan tema tertentu.

 

Kemudian dilanjutkan topik permodalan usaha dan menghitung laba bersama praktisi bisnis Kelik Tananto, yang menekuni bidang mebel. Pemateri lain adalah Anung Budiyanto (agen media cetak di DIY), Sugeng Handoko (pelopor desa wisata Nglanggeran, Gunungkidul). Anung menyampaikan tentang naik-turunnya bisnis media cetak terlebih di era digital dimana orang bisa mengakses berita dan informasi dengan cepat dan murah.  Sementara Sugeng Handoko yang merupakan pemuda pelopor pengembangan desa wisata Nglanggeran menyampaikan suka duka merintis dan memelihara semangat masyarakat komunitas di sekitaran Gunung Api Purba tersebut.

 

 

 
Sesi praktek desain bisnis memberi kesempatan kepada peserta menyampaikan rencana bisnis yang akan ditekuni, dan dikritisi oleh ketiga pemateri. Satu peserta yang bernama Mitha, mahasiswa UST menyampaikan ide bisnis tentang pembuatan aksesoris berkhas budaya sumba barat daya dengan bahan tanduk kerbau.

 

 

 

 

Pada sesi terakhir peserta diminta merumuskan bisnis yang lebih spesifik dan mempresentasikan desain bisnis mereka. Beberapa diantaranya adalah Erwiana (bisnis hijab), Cindy (bisnis fashion online), Ata (Salon anyam), Umbu Wahi (Pembuatan patung tradisional), dan Nuel (fashion).

 

 

 

Sesi presentasi ini menjadi akhir dari serangkaian pelatihan. Sukses di usia muda jelas tidak mudah, tetapi tidak mustahil, karena hanya perlu kemauan untuk berkembang dan tidak pernah bosan mencoba. Memang tidak semua orang punya bakat bisnis, tetapi semua orang bisa mempelajarinya. Selamat menggapai sukses. (ITM).


  Bagikan artikel ini

Berita Web

 2020 (45)
 2019 (37)
 2018 (44)
 2017 (48)
 2016 (53)
 2015 (36)
 2014 (47)
 2013 (41)
 2012 (17)
 2011 (15)
 2010 (31)
 2009 (56)
 2008 (32)

Total: 502

Kategori

TAG 1  TAG 2  TAG 3  TAG 4  TAG 5  TAG 6  TAG 7  TAG 8  TAG 9  TAG 10  TAG 11  TAG 12  TAG 13  

Youtube Channel

Official Facebook