pada hari Sabtu, 9 April 2016
oleh adminstube
SEMUA ORANG BISA MENULIS

 


 

Dunia menulis bukanlah dunia tukang, yang dilakukan secara bertahap dan berulang. Dunia menulis adalah dunia ide. Ide akan terbentuk dengan terbentuknya pola pikir secara empiris, adanya dimensi konseptual, mereduksi fenomena, dan mempertajam analisa. Hal ini yang dibagikan Rudyolof Immanuel Malo, mahasiswa Sosiologi Universitas Atmajaya Yogyakarta yang bersumber dari buku berjudul “Kiat Menulis di Media Massa”. Tergolong buku terbitan lama, tetapi dengan pengalaman Rudy sebagai pemimpin redaksi Majalah Komunitas Mahasiswa NTT UAJY, buku ini menarik dan penting bagi pemula.

 

 

 

Buku Rendi Panuju terbitan UGM tahun 1994 ini menjadi bahan diskusi teman-teman Stube-HEMAT Yogyakarta pada hari Jumat, 08 April 2016 di sekretariat Stube-HEMAT Yogyakarta. Buku “Kiat Menulis di Media Massa” menjadi pilihan Rudy untuk dibagikan kepada teman-teman. Dengan pengalaman yang dimilikinya tentang menulis di media massa semakin membuat diskusi bertambah berbobot. Dengan ilmu yang berasal dari buku dan pengalamannya secara langsung membuat peserta semakin terdorong ingin tahu mengenai dunia menulis.

 

Rudy juga menyampaikan tips-tips agar tulisan dimuat di media massa. Hal yang harus diperhatikan adalah memilih media massa yang dituju, dan tulisan yang sesuai untuk kita. Secara teknis topik, judul harus diperhatikan. Rudy juga menjelaskan bahwa tulisan juga harus memiliki fakta atau data yang tersedia, jangan hanya opini. Bagi mahasiswa sebaiknya juga mengirimkan tulisan dari kampus, atau menjelaskan diri sebagai mahasiswa suatu universitas.

 

Diskusi menjadi ramai ketika sesi tanya jawab karena banyak hal yang ingin diketahui peserta seperti Agus, mahasiswa STPMD APMD bertanya apakah ada undang-undang yang melindungi karya penulis, sementara Nuel bertanya mengenai kiat menumbuhkan kemauan untuk menulis. Selanjutnya Trustha ingin mengungkap berapa kali menulis artikel dan gagal, sampai akhirnya tulisannya berhasil dimuat. Menjawab semua itu Rudy menyatakan bahwa undang-undang perlindungan hak cipta sudah ada dan bisa dicari lebih lanjut di internet atau toko buku. Menganggap menulis suatu kesenangan atau hobby bisa membuat penulis terus semangat menulis, selain itu Rudy juga menyarankan agar seseorang yang ingin menulis masuk dalam komunitas menulis agar kemampuannya terasah dan dengan sendirinya bisa memotivasi selalu ingin menulis. Setiap usaha pasti sudah biasa mengalami kegagalan di awal, hanya bagaimana mengesampingkan rasa pesimis itulah menjadi kunci utama. Tidak terhitung berapa kali kegagalan yang Rudy alami agar tulisannya dimuat di media massa sampai akhirnya berhasil dimuat.

 


Bedah buku memberi pengetahuan baru dalam menulis, membuka wawasan dalam dunia penulisan dan menjadi bekal di masa yang akan datang. Buat mahasiswa kemampuan menulis bisa dijadikan bekal dalam penulisan skripsi. Dengan kemauan keras, siapa saja dapat menulis. Ingatlah kata-kata bijak yang berbunyi: Jika anda ingin mengenal dunia maka banyaklah membaca, jika anda ingin dikenal dunia maka menulislah. Selamat mencoba. (ITM).


  Bagikan artikel ini

Berita Web

 2021 (24)
 2020 (48)
 2019 (37)
 2018 (44)
 2017 (48)
 2016 (53)
 2015 (36)
 2014 (47)
 2013 (41)
 2012 (17)
 2011 (15)
 2010 (31)
 2009 (56)
 2008 (32)

Total: 529

Kategori

Semua  

Youtube Channel

Official Facebook