pada hari Selasa, 29 Maret 2016
oleh adminstube
Jogja Asat

 

Pembangunan, Isu Lingkungan dan Sikap Kita

 

 

 

“Jogja asat” bukan hanya ungkapan dalam dunia maya tapi juga dalam dunia nyata. Mural yang menjadi simbol kreatifitas seniman jalanan juga menggambarkan fenomena ini. “Jogja Asat” menyimpan pesan keprihatinan dan peringatan bagi sebagian masyarakat yang hidup di Kota Yogyakarta dan sekitarnya akan ancaman kekurangan air.

 

 

 

 

 

 

Topik keadilan sosial dengan membahas Jogja Asat menjadi pembicaraan panas peserta Stube yang pernah mengikuti pelatihan Christianity And Social Justice 2016, yang selanjutnya membentuk kelompok follow-up bernama Enviro 16. Kelompok ini terdiri dari 6 orang mahasiswa Institut Teknologi Yogyakarta (ITY). Mereka adalah Timotius, Olive, Cindy, Lili, Martina, dan Mendo, ditambah 3 mahasiswa baru (Agus, Eman, Peter) dan 2 perwakilan dari Stube-HEMAT (Yohanes dan Stenly). Bertempat di sekretariat Persekutuan Mahasiswa Kristen (PMK) ITY, Senin, 28 Maret 2016 mereka mulai berdiskusi mengenai pengenalan isu aktual tentang pembangunan dan dampak lingkungan di seputar Yogyakarta.

 

 

 

Diawali dengan kisah Yohanes mengenai Yogyakarta tempo dulu dengan romantika masa lalu dimana banyak orang berjalan kaki, pepohonan rindang di kanan kiri jalan, orang-orang lalu lalang bersepeda dengan gembira, sementara anak-anak mudanya menemukan cinta di Yogyakarta yang teduh. Tapi sekarang semua sudah berubah. Pembangunan menyeruak di segala bidang. Pembangunan baik fisik dan non-fisik digalakkan untuk mengimbangi laju pertumbuhan penduduk. Pembangunan tidak saja soal pembangunan pemikiran luhur, tetapi juga soal pembangunan gedung-gedung besar. Penghisapan air tanah banyak dilakukan oleh gedung-gedung besar, khususnya hotel dan mall menjadi pemicu keringnya sumur-sumur di sekitarnya. Masyarakat mulai merasakan kesulitan mendapatkan air. Jogja pun dianggap mulai ‘asat’.

 

 

 

Setiap pembangunan bukan hanya mendatangkan hal positif, tetapi juga hal negatif. Orang merasakan keuntungan tetapi ada juga yang merasakan keresahan. Orang resah karena kualitas lingkungan semakin menyusut dan orang berteriak agar pembangunan harus adil memperhatikan aspek lingkungan. Peserta diskusi yang merupakan mahasiswa studi lingkungan, tentu saja mengenal isu-isu lingkungan dengan lebih baik. Ternyata anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar karena secara akademik mereka belajar tentang pembangunan dan dampak pembangunan yang ditimbulkan dan berfokus pada isu nasional seperti tambang, perkebunan, dan industri. Artinya, isu lokal Yogyakarta tidak menjadi bahan perkuliahan sekalipun menarik dan penting.

 

 

 

Agus, seorang peserta diskusi, mengomentari pembangunan infrastruktur di daerah-daerah. Dibangunnya pabrik-pabrik mempengaruhi kehidupan ekonomi, budaya, dan lingkungan daerah. Di bidang ekonomi, pembangunan menaikkan pendapatan dan arus uang ke daerah. Artinya, pembangunan berdampak baik pada pertumbuhan ekonomi. Di bidang budaya, perkembangan industri juga mempengaruhi gaya hidup seperti konsumsi semakin tinggi sementara budaya menabung tidak lagi menjadi konsentrasi. Pada aspek lingkungan, pembangunan di daerah sebagian menguntungkan tetapi perlu juga koreksi dan pembenahan karena ada perusahaan yang memenuhi kriteria AMDAL (Analisis Mengenai Dampak Lingkungan), tetapi ada juga yang tidak memenuhi kriteria, sehingga pencemaran dan kerusakan lingkungan hidup pun terjadi. Industri dan perusahaan yang dimaksud Agus ini adalah perusahaan tambang, pariwisata, perkebunan dan sarana-prasarana umum.

 

 


Kelompok diskusi ini berharap semoga semakin banyak teman-teman yang sadar akan perubahan lingkungan dan semakin arif dalam mengelola pemanfaatannya. Kelompok ini juga berharap dapat membagikan pemahaman cinta lingkungan kepada sebanyak mungkin orang, agar semakin banyak orang sadar bahwa lingkungan itu penting untuk dijaga. Menjaga lingkungan berarti menjaga kehidupan yang berkeadilan. (YDA)


  Bagikan artikel ini

Berita Web

 2021 (24)
 2020 (48)
 2019 (37)
 2018 (44)
 2017 (48)
 2016 (53)
 2015 (36)
 2014 (47)
 2013 (41)
 2012 (17)
 2011 (15)
 2010 (31)
 2009 (56)
 2008 (32)

Total: 529

Kategori

Semua  

Youtube Channel

Official Facebook