pada hari Kamis, 19 Maret 2015
oleh adminstube
Semangat Muda Mengenal Sumba
dan Bagikan Talenta
Program Exploring Sumba 2015
 
 

 

Pengalaman unik dan mengesankan yang dialami para peserta Exploring Sumba tahun 2014 memunculkan antusiasme mahasiswa dan aktivis Stube-HEMAT Yogyakarta menjadi calon peserta Exploring Sumba berikutnya. Perbedaan daerah dan cuaca, keragaman adat dan tradisi, keunikan budaya dan masyarakatnya, keindahan pantai dan alamnya menjadi cerita yang menarik dan terus tersimpan dalam benak setiap peserta.
 
 
Program Exploring Sumba adalah sebuah program Stube-HEMAT Yogyakarta untuk mengirim mahasiswa aktivis ke Sumba. Mahasiswa yang dikirim ke Sumba selama satu bulan akan membagikan pengetahuan dan keterampilan mereka kepada mahasiswa dan kaum muda Sumba.
 
Di awal tahun 2015, Stube HEMAT Yogyakarta telah mengirim dua orang mahasiswa, yaitu Petrus Maure dan Elisabet Novia Listiawati. Petrus Maure, seorang anak muda dari Alor, saat ini tinggal menunggu wisuda di STMIK AMIKOM. Bung Pet, ia biasa dipanggil, juga aktif di kampusnya melalui IKNA (Ikatan Keluarga Nasrani Amikom). Bung Pet beberapa kali mengikuti pelatihan Stube-HEMAT Yogyakarta, seperti pertanian dan keragaman pangan, public speaking dan studi sosial. Sebagai mahasiswa yang belajar teknik informatika, ia ingin mengembangkan kemampuan dirinya dan membagikan keterampilan untuk teman-teman mahasiswa di Sumba. Saat ini dia ingin membagikan pengetahuan komputernya untuk mendesain dan membuat gambar-gambar dokumentasi daerah Sumba. Ia berharap bisa menjadi orang yang berguna bagi semua orang, terutama orang terdekat.
 
Berikutnya, Elisabet Novia Listiawati, biasa dipanggil Elis, seorang anak muda dari Karanganyar, Jawa Tengah. Saat ini sedang menunggu wisuda di Universitas Mercu Buana Yogyakarta jurusan Agroteknologi. Jiwa pengabdian dan pelayanan telah muncul sejak awal studi melalui Himpunan Mahasiswa Agroteknologi UMBY dan juga menjadi pengurus di Unit Kegiatan Mahasiswa Kristiani di UMBY. Beberapa program pengabdian masyarakat pun telah dilakukan dan menunjukkan hasil yang membanggakan. Sebagai aktivis Stube-HEMAT Yogyakarta, Elis telah mengikuti beberapa pelatihan, antara lain Bisnis Kreatif, Bambu, Energi Terbarukan, Pendidikan Global dan Keragaman Pangan.
 
“Yang menjadi motivasi saya mengikuti Exploring Sumba ini adalah untuk menerapkan ilmu yang telah saya peroleh selama kuliah, supaya dapat dibagikan kepada orang lain dan diterima sehingga dapat berguna dan bermanfaat untuk ke depannya,” ungkapnya.
 
Selama di Sumba ia berharap bisa mendapat pengalaman baru bersama mahasiswa dan masyarakat Sumba dan melihat secara langsung keadaan pertanian di Sumba sesuai program yang akan dilakukan berupa optimalisasi pekarangan rumah dengan tanaman obat keluarga (Toga) berbasis pertanian berkelanjutan di Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur.
 

 

Selamat mengabdi dan tetap semangat teman-teman! (TRU)
 

  Bagikan artikel ini

Berita Web

 2021 (24)
 2020 (48)
 2019 (37)
 2018 (44)
 2017 (48)
 2016 (53)
 2015 (36)
 2014 (47)
 2013 (41)
 2012 (17)
 2011 (15)
 2010 (31)
 2009 (56)
 2008 (32)

Total: 529

Kategori

Semua  

Youtube Channel

Official Facebook