pada hari Rabu, 19 Februari 2014
oleh adminstube
PROGRAM POLITICS AND SOCIAL ISSUE
POLITIK, EMANG PENTING?!
Hotel Satya Nugraha, Yogyakarta, 14 – 16 Feb 2014
 
 
 
Bangsa Indonesia memaknai tahun 2014 sebagai Tahun Politik dan pesta demokrasi. Tingginya animo masyarakat menyambut pemilu berbanding terbalik dengan tingkat apatis pada mahasiswa. Hilangnya pendidikan politik dan figur elit politik bangsa, disinyalir menjadi biang keladi masalah ini. Akhirnya tak jarang jawaban “gak tau" atau "gak peduli” menjadi jawaban ketika mahasiswa diberi pertanyaan 'apa itu politik'? Padahal, generasi muda inilah yang akan melanjutkan estafet pembangunan bangsa.
 
Demi mengurai masalah ini dan memberikan pencerahan bagi mahasiswa, Stube HEMAT Yogyakarta menggelar Pelatihan Politik dan Isu Sosial, di Hotel Satya Nugraha, Yogyakarta (14/2/2014). Acara yang bertepatan dengan hari valentine dan hujan abu vulkanik erupsi Gunung Kelud ini mengangkat tema 'Politik: Epen-kah? (Emang Pentingkah)', yang menghadirkan narasumber Eko Prasetyo S.H dari Social Movement Instutute, William E. Aipipidely M.A , koordinator nasional UNDEF, Drs. John S. Keban, dan Miftah Adhi Ikhsanto, S.IP, Mi.OP, dosen FISIP UGM.
 

 

 

 

Pelatihan ini kembali merekonstruksi pandangan masing–masing peserta mengenai politik, seperti yang diungkapkan Sih Ell Cahyadi Pamungkas mahasiswa Theologia UKDW, aktivis pemuda GKI Gejayan), “Sebelum mengikuti pelatihan ini, saya tidak tertarik pada politik, karena politik identik dengan permainan kotor para elit politik dan identik dengan premanisme. Namun, setelah mengikuti pelatihan saya sadar bahwa politik itu penting sebagai senjata yang bisa digunakan memperjuangkan keinginan dan tujuan bersama demi kemakmuran rakyat Indonesia. Pemuda sebagai tulang punggung bangsa harus memahami dan mengambil kembali hak politiknya.” Senada dengan hal itu Drs. John. S. Keban (Caleg DPRD Propinsi DIY dari Partai GOLKAR) memotivasi peserta untuk cerdas berpolitik dan menggunakan hak pilih sebaik mungkin. “Mahasiwa yang ingin menjadi obor kehidupan harus melek politik, sebab dalam hidup sehari–hari politik itu selalu muncul apalagi jika diperhadapkan pada visi besar untuk memperjuangkan kemakmuran bangsa."
 
Melalui acara ini Sofie Atalia, Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Janabadra selaku tim kerja Stube HEMAT Yogyakarta dan koordinator program ini mengungkapkan harapannya, “Dengan kegiatan ini saya berharap mahasiswa dapat menyadari akan pentingnya pengetahuan politik, sehingga dapat membantu masyarakat untuk memahami perkembangan politik dewasa ini, dan memiliki bekal menentukan pilihan dalam pemilihan umum. Maka pemerintahan yang demokratis dan berkeadilan sosial dapat terwujud seperti yang diamanatkan Pancasila dan UUD 1945”.
 
 
Pelatihan ini juga memberi pengalaman peserta berinteraksi langsung dengan KPU, Fungsionaris PAN, Fungsionaris Partai Gerindra, dan Eko Suwanto ST, M.Si, Caleg DPRD Propinsi DIY dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan. Peserta mendapat pencerahan dan kesempatan menggumuli kembali pemahaman politik yang dimiliki selama ini. Salam demokrasi.*** SRB
 
 
 

  Bagikan artikel ini

Berita Web

 2021 (24)
 2020 (48)
 2019 (37)
 2018 (44)
 2017 (48)
 2016 (53)
 2015 (36)
 2014 (47)
 2013 (41)
 2012 (17)
 2011 (15)
 2010 (31)
 2009 (56)
 2008 (32)

Total: 529

Kategori

Semua  

Youtube Channel

Official Facebook