pada hari Minggu, 17 November 2013
oleh adminstube

 

Wisuda Sekolah Tani Angkatan Pertama
 
 
Program sekolah tani gelombang pertama (kerjasama Jenderal Soedirman Center dan Pusat Studi Ekonomi Kerakyatan UGM) telah berakhir. Utusan Stube-HEMAT Yogyakarta, Yohanes Dian Alpasa telah diwisuda. Wisuda diselenggarakan di pendopo Stupa Donolayan, Jalan Tentara Pelajar Km 12, Ngaglik Sleman, Yogyakarta yang merupakan kantor dari JSC. Penyelenggaraan Wisuda bertepatan hari Pahlawan 10 November. Hadir di sana Wakil Bupati Sleman, Kepala PUSTEK UGM, Direktur JSC, dan masyarakat sekitar. Wisudawan diberi keyakinan dalam mengarungi kehidupan petani. Petani tidak perlu pesimis karena kemandirian adalah mimpi yang akan menjadi nyata jika diperjuangkan.

Dr. Revrisond Baswir atau akrab dipanggil Bang Sony memberikan dukungannya kepada petani. Ia mengungkapkan kemerdekaan adalah perjuangan tiada henti. Kemerdekaan adalah proses yang harus terus menerus diperjuangkan. Maka, kemerdekaan pada dasarnya bukan sekali jadi. Selama beratus tahun bangsa kita dijajah dengan sebutan kolonialisme. Hari-hari ini kita bukan hanya merayakan kemerdekaan tapi juga merayakan 68 tahun neokolonialisme. Kemerdekaan sepertinya merupakan proses pemindahan jajahan dari Jepang, Belanda, ke Amerika Serikat. Walaupun kenyataan berbicara demikian, masyarakat tani harus sadar bahwa perjuangan kita melawan kompeni/penjajah adalah berbeda bentuk tetapi semangatnya harus sama.

Direktur JSC, Ir. Bugiakso memberikan penekanan dan sering ia ucapkan terkait dengan sumber daya alam kita. Kekayaan alam adalah milik negara begitu juga air yang sangat vital buat petani. Mungkin hari ini kita belum bisa mengelola batubara dan emas di Bumi Indonesia, tetapi sumber daya yang lain harus bisa kita olah sendiri. Masyarakat sebenarnya mudah mengelola air. Namun, air di beberapa lokasi justru dikuasai oleh asing. Petani seharusnya mandiri dan jangan sesekali bergantung ataupun minta bantuan asing. Dalam hal ini, Pak Bugi mengutip pernyataan J. F. Kennedy, jangan menuntut apa yang bisa Negara berikan kepada saya, tetapi bertanyalah apa yang bisa saya berikan kepada Negara. Petani harus berdaulat!

Wakil Bupati Sleman, Hj. Yuni Satia Rahayu menyatakan dukungannya kepada petani. Petani harus mandiri dan berdaulat. Setiap program pemerintah daerah memang ditujukan untuk kesejahteraan rakyat. Kadangkala program tidak efektif dan tidak tepat sasaran karena sebuah penyelewengan. Kemandirian petani adalah upaya cerdas dalam membangun ketahanan bangsa.

Wisudawan sekolah tani diharapkan memberi dampak pada masyarakat di sekelilingnya. Ilmu yang didapat selama rentang waktu 2 Mei 24 September 2013 harus segera diaplikasikan. Wisuda bukanlah akhir tetapi awal dari sebuah perjuangan baru yang lebih luas. Selamat berjuang para wisudawan! (YDA)
 

  Bagikan artikel ini

Berita Web

 2020 (45)
 2019 (37)
 2018 (44)
 2017 (48)
 2016 (53)
 2015 (36)
 2014 (47)
 2013 (41)
 2012 (17)
 2011 (15)
 2010 (31)
 2009 (56)
 2008 (32)

Total: 502

Kategori

Semua  

Youtube Channel

Official Facebook