Tips untuk Mahasiswa: Powerpoint yang Menarik & Efektif

pada hari Sabtu, 29 April 2017
oleh
  

   

Dalam ruang lingkup pendidikan, presentasi adalah hal yang wajib dikuasai dan dikembangkan baik oleh para mahasiswa maupun pengajar, supaya setiap materi yang disampaikan dapat dipahami oleh pendengar. Pada hari Sabtu 29 April 2017, sharing mengenai presentasi dan memaksimalkan powerpoint diadakan di sekretariat stube-HEMAT Yogyakarta dan dihadiri 15 peserta dari berbagai kampus di sekitaran Yogyakarta. Para peserta antusias mendengarkan materi yang disampaikan oleh staff pengajar IT dari Universitas Kristen Duta Wacana, Aditya Wikan Mahastama,S.Kom,M.Cs.

 

Dalam paparannya, fasilitator menegaskan bahwa setiap orang dapat mendesain powerpoint sesuai dengan kreativitas masing-masing. Powerpoint merupakan poin-poin materi yang memiliki kekuatan, sehingga yang ditampilkan bukan sebuah teks yang panjang. Desain powerpoint yang menarik tentu akan membuat pendengar lebih tertarik sehingga mudah dalam menerima materi. Desain-desain yang akan dipakai dalam presentasi tentu saja harus sesuai dengan konteks materi dan pendengar, seperti apakah presentasi tersebut ditujukan untuk anak-anak kecil, forum ilmiah, para pebisnis atau kalangan rohani. Desain yang tidak cocok akan merusak materi yang disampaikan.

 

  

  

Di sisi lain, dibutuhkan pula keterampilan berbicara saat menyampaikan powerpoint supaya lebih interaktif dan suasana tidak membosankan. Contoh-contoh powerpoint yang menarik yang belum diketahui oleh para peserta berikut bagaimana cara membuatnya juga disajikan dalam kegiatan ini. Gambar ataupun animasi bisa disispkan dalam powerpoint untuk memberi semangat pendengar memperhatikan dan terus mendengarkan materi yang disampaikan. Di akhir sesi, fasilitator menyampaikan info tentang website desain powerpoint yang unik dan lebih berwarna yang dapat diunduh bebas sesuai selera masing-masing.

 
Wilton, salah seorang peserta mengatakan bahwa kegiatan ini mendorongnya lebih kreatif membuat powerpoint. Jika kita mampu menyampaikan materi powerpoint dengan baik tentu kehadiran kita akan dinantikan oleh pendengar yang pernah mengikuti presentasi kita. (RA).


  Bagikan artikel ini

Berita Web

 2020 (45)
 2019 (37)
 2018 (44)
 2017 (48)
 2016 (53)
 2015 (36)
 2014 (47)
 2013 (41)
 2012 (17)
 2011 (15)
 2010 (31)
 2009 (56)
 2008 (32)

Total: 502

Kategori

Semua  

Youtube Channel

Official Facebook