Pengetahuan, Keterampilan dan Jaringan Sosialisasi Stube di KMK St. Agustinus, Instiper    

pada hari Senin, 20 Maret 2017
oleh adminstube

 

 

 

“Keberhasilan hidup menjadi impian setiap orang juga seorang mahasiswa. Ia memiliki harapan yang ingin ia raih. Ia meninggalkan kampung halaman yang jauh dari pulau Jawa untuk menempuh studi di Yogyakarta demi mewujudkan cita-citanya. Ribuan mahasiswa datang ke Yogyakarta untuk belajar dan mendapatkan pengetahuan baru yang menjadi bekal mereka dalam menjalani kehidupan. Tentu mereka berharap ketika selesai studi mereka benar-benar telah siap untuk masuk dalam dunia kerja maupun mengembangkan usaha mandiri”, demikian pengantar dari Trustha Rembaka, koordinator Stube-HEMAT Yogyakarta mengawali sosialisasi Stube-HEMAT Yogyakarta di Keluarga Mahasiswa Katolik (KMK) St. Agustinus Instiper Yogyakarta, Jumat, 17 Maret 2017 di kampus Instiper, Paingan, Sleman.

 

 

 

Sosialisasi diawali perkenalan dengan menyebutkan nama dan asal daerahnya, dilanjutkan dengan pemutaran video pendek Stube-HEMAT. Dalam sosialiasi ini disampaikan tiga hal penting yang harus dimiliki mahasiswa, yaitu: pertama, pengetahuan (knowledge), ini berkaitan dengan mahasiswa yang belajar dan mendalami materi-materi kuliah di Instiper, khususnya pertanian dan kehutanan sehingga ketika selesai kuliah ia diharapkan memiliki wawasan yang luas tentang pertanian dan kehutanan. Kedua, keterampilan (skills), berkait erat dengan kemampuan mahasiswa menerapkan atau mempraktekkan apa yang sudah dipelajari selama studi, sehingga ia benar-benar terasah dan terampil di bidangnya. Ketiga, jaringan (network), mahasiswa tidak bisa hidup sendiri, ia harus membangun relasi dengan sesama mahasiswa, dengan orang lain, dan lembaga lain demi pengembangan dirinya secara optimal. Jaringan ini bermanfaat bagi dirinya saat masih studi maupun setelah selesai studi dan kembali ke daerahnya. Stube-HEMAT Yogyakarta sebagai lembaga pendampingan mahasiswa Kristiani yang sedang studi di Yogyakarta memberi ruang dan kesempatan mahasiswa untuk belajar dan mengembangkan diri, tidak saja pengetahuan tetapi juga keterampilan dan jaringan melalui kegiatan-kegiatan yang ada di Stube-HEMAT Yogyakarta.

 


 

 

Angela Mugar, salah satu mahasiswa Instiper yang berasal dari Borong, Menggarai Timur menanyakan tentang program Eksposur Lokal, bagaimana cara mengakses kesempatan sebagai peserta program tersebut. Dijelaskan pada kesempatan itu bahwa program tersebut terbuka bagi mahasiswa yang pernah ikut dengan sungguh-sungguh kegiatan Stube-HEMAT Yogyakarta. Calon peserta mengajukan ide-ide apa yang akan ia lakukan di kampung halamannya saat libur jeda semester dan kemudian mempresentasikan proposal tersebut kepada team Stube-HEMAT Yogyakarta. Selanjutnya Nanno Silvano, yang berasal dari Larantuka, Flores Timur menanggapi bahwa kegiatan seperti yang dilakukan Stube-HEMAT inilah yang ia cari. Selama ini kegiatan yang ia ikuti lebih banyak di kerohanian saja, belum menyentuh hal-hal yang berkaitan dengan masyarakat.

 

“Kesempatan berkembang setiap mahasiswa banyak ditentukan dari dalam dirinya sendiri, dari kemauan memiliki pengetahuan, mengasah keterampilan dan membangun jejaring. Melalui proses itu diharapkan ia tumbuh menjadi manusia yang utuh, dewasa pribadinya dan mampu memberikan manfaat untuk sesamanya”, ungkap Trustha mengakhiri acara sosialisasi. Sementara itu Yugo Ardi Saputra, koordinator KMK St Agustinus Instiper menanggapi positif atas inisiatif Stube-HEMAT Yogyakarta mengadakan kegiatan sosialisasi, sebagai wujud kerjasama antar lembaga khususnya dengan mahasiswa di kampus. Ia berharap kerjasama terus terjalin dan bermanfaat untuk semua. (TRU).


  Bagikan artikel ini

Berita Web

 2021 (24)
 2020 (48)
 2019 (37)
 2018 (44)
 2017 (48)
 2016 (53)
 2015 (36)
 2014 (47)
 2013 (41)
 2012 (17)
 2011 (15)
 2010 (31)
 2009 (56)
 2008 (32)

Total: 529

Kategori

Semua  

Youtube Channel

Official Facebook