Berani Berbagi Pengetahuan Manajemen Konflik Follow up Studi Perdamaian

pada hari Senin, 25 September 2017
oleh adminstube
 
 
 
Ciri khas Stube-HEMAT Yogyakarta pascapelatihan yaitu mendorong peserta pelatihan untuk merancang dan melakukan kegiatan rencana tindak lanjut atau yang sering disebut follow up activity. Pada tanggal 8-10 September 2017 lalu Stube-HEMAT Yogyakarta menyelenggarakan pelatihan Studi Perdamaian bertema Melawan Kegagalan Bereaksi.
 
 
Salah satu kelompok yang beranggotakan Ni Putu Sari Yani Darsani, Adi Zamba, Monika Zangga Nata, Imelda Hada Inda, Junerin Kaleka, dan Marthia Sari Rato,pada hari Sabtu 23/09/2017 bertempat di kampus STPMD ”APMD” melakukan sharing pengalaman yang didapat selama pelatihan Studi Perdamaian. Mereka berdiskusi dengan mahasiswa/i yang tergabung di dalam organisasi HIPMASTY (Himpunan Mahasiswa Sumba Timur Yogyakarta). Terlaksananya kegiatan ini karena rasa peduli peserta training dan perlunya berbagi pengetahuan yang didapat agar dapat bermanfaat bagi mahasiswa lain.
 
 
Peserta yang hadir berjumlah dua puluh satu orang yang berasal dari berbagai latar belakang ilmu dan kampus di Yogyakarta. Acara ini dibuka dengan doa bersama dan menyanyikan lagu “Bapa Engkau sungguh baik” yang dipimpin oleh Junerin Kaleka. Marthia Sari Rato memaparkan  pengertian konflik, masalah dan perspektif, konflik dan kekerasan serta macam-macam konflik guna merangsang peserta untuk mulai mengenal dan memahami konflik. Kemudian dilanjutkan Monika Zangga Nata tentang teori dan jenis-jenis konflik yang bertujuan agar peserta diskusi nantinya mampu memilah jenis-jenis konflik karena beda konflik beda penanganannya.

 

Dalam diskusi peserta sangat antusias beradu pendapat dan mempertahankan argumen. Kemudian dilanjutkan dengan role play dalam 2 kelompok dan diarahkan untuk menemukan sendiri konflik yang ada di sekitar kita, menganalisa, kemudian melakukan pemetaan pihak-pihak yang terkait layaknya seorang mediator dengan memperhatikan hal-hal yang sudah dipaparkan 2 pemateri sebelumnya.
 
Kelompok 1 menemukan masalah kesadaran mahasiswa untuk terlibat dan belajar di organisasi khususnya HIPMASTY sebagai bahan kajian dalam kelompok diskusinya. Kelompok 2 mendiskusikan tentang persoalan Pembangunan Pabrik Tebu di Sumba Timur.Temuan dan analisis peserta kompok kemudian dipresentasikan bersama. Perwakilan dari pemateri,Marthia Sari Rato mengungkapkan rasa puas dan terima kasih atas antusiasme peserta dan terlaksananya kegiatan follow up ini.
 

 

“Saya sangat puas dengan adanya follow up ini karena kami (kelompok) dapat membagikan pengalaman kami tentang manajemen konflik dan tampil di depan teman-teman HIPMASTY. Kami juga sangat senang melihat teman-teman HIPMASTY sangat antusias dalam mengikutifollow up ini. Terimakasih banyak untuk HIPMASTY yang sudah meluangkan waktu hadir dan berdinamika bersama dan terimakasih banyak Stube-HEMAT Yogyakarta”,  pungkas Sari Rato. (MAR).

  Bagikan artikel ini

Berita Web

 2021 (24)
 2020 (48)
 2019 (37)
 2018 (44)
 2017 (48)
 2016 (53)
 2015 (36)
 2014 (47)
 2013 (41)
 2012 (17)
 2011 (15)
 2010 (31)
 2009 (56)
 2008 (32)

Total: 529

Kategori

Semua  

Youtube Channel

Official Facebook