Anak Muda India dan Permasalahan Sosial

pada hari Rabu, 27 Desember 2017
oleh adminstube
 
 
 
“You are what you read” sebuah ungkapan yang ingin menyatakan bahwa dengan membaca maka seseorang akan berwawasan luas dan tahu berita serta isu-isu terbaru, sebaliknya tanpa membaca maka seseorang akan tidak tahu apa-apa. Di tempat asal saya, Sulawesi Tengah, sangat jarang menemukan anak muda yang mau terlibat dengan kegiatan dan isu-isu sosial yang terjadi di lingkungan mereka. Kalaupun ada, tidak jauh dari aksi demonstrasi menuntut sesuatu tanpa diikuti aksi nyata menjawab permasalahan untuk kebaikan masyarakat.
 
Ketika mendapat kesempatan untuk mengikuti program pertukaran ke Bangalore-India, saya sangat takjub dengan anak mudanya yang bisa dibilang sangat peduli dengan permasalahan sosial dengan melibatkan diri dan tergabung dalam beberapa NGO seperti SCMI(Student Christian Movement of India), YMCA (Young Men’s Christian Association), dan YWCA (Young Women’s Christian Association).
 
Ketika bergabung dengan organisasi, anak muda-anak muda ini tidak hanya belajar mengenai isu-isu sosial dan mengikuti pelatihan, tetapi keterlibatan mereka akan mengembangkan soft-skill yang tidak didapatkan di sekolah maupun universitas. Selain itu, ketika bergabung dengan NGO, ada beberapa program yang dilakukan di luar daerah tergantung dengan level program (regional, nasional maupun internasional). Hal ini menjadi kesempatan bagi mereka untuk mendapat pengalaman berkunjung ke banyak tempat melakukan pelayanan dan menambah relasi.
 
India adalah negara plural seperti Indonesia yang tersusun dari beberapa daerah, suku, bahasa daerah, juga budaya yang berbeda. Kesempatan berpergian ke tempat lain dan bertemu dengan orang yang memiliki latar belakang yang berbeda adalah hal penting untuk dilakukan, supaya saling mengenal satu sama lain, memperkuat rasa persaudaraan dan memperkecil kecurigaan.
 
Pengetahuan dan kecilnya minat dari mayoritas anak muda Indonesia untuk bergabung dengan organisasi menjadi salah satu faktor mengapa banyak anak muda yang kurang peduli dengan lingkungan sekitar atau pun permasalahan yang sedang terjadi. Manfaat bergabung dengan organisasi juga memberi nilai tambah ketika seseorang memasuki dunia kerja karena saat ini tidak hanya ijazah dan nilai yang dilihat, melainkan juga pengalaman dan aktivitas di luar yang dilakukan. Ada banyak organisasi dengan program yang bisa diikuti sesuai dengan minat, seperti hak asasi manusia, pemberdayaan pemuda, pendampingan terhadap anak berkebutuhan khusus, komunitas lintas agama, peduli lingkungan, dll.
 
Berkaca dari SCMI dan anak muda di India, perlu diakui bahwa kepedulian anak muda di Indonesia tentang permasalahan sosial di sekitar masih perlu ditingkatkan. Untuk itu generasi muda penerus bangsa perlu terus didorong mengikuti pelatihan dan bergabung dengan organisasi yang akan memberi tambahan wawasan untuk meningkatkan kesadaran terhadap permasalahan sosial kemasyarakatan yang ada. (JMNP).

  Bagikan artikel ini

Berita Web

 2021 (24)
 2020 (48)
 2019 (37)
 2018 (44)
 2017 (48)
 2016 (53)
 2015 (36)
 2014 (47)
 2013 (41)
 2012 (17)
 2011 (15)
 2010 (31)
 2009 (56)
 2008 (32)

Total: 529

Kategori

Semua  

Youtube Channel

Official Facebook