Poso Dalam Sintuwu Maroso

pada hari Sabtu, 17 Agustus 2019
oleh Stube HEMAT
 
 
Kearifan lokal seringkali diartikan sebagai kebijakan setempat, pengetahuan setempat atau kecerdasan setempat. Kearifan lokal adalah pandangan hidup dan pengetahuan serta berbagai strategi kehidupan yang dilakukan oleh masyarakat lokal dalam menjawab berbagai masalah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Kearifan lokal merupakan sesuatu yang berkaitan spesifik dengan budaya tertentu dan mencerminkan cara hidup masyarakat tertentu.

 
Poso adalah salah satu kabupaten yang mempunyai nilai-nilai budaya luhur yang mempersatukan tanah Poso, adapun sebagian orang mengenal Poso sebagai zona merah, terorisme, tanah perkelahian antara agama, banyak pembunuhan bahkan ketika menyangkut perang ideologi, ikut memainkan peran. Di Poso pernah ada upaya menyatukan kekuatan nasionalis dalam medan perpolitikan untuk menghalau gerakan-gerakan primordial yang bisa mengganggu pluralisme dan persatuan Indonesia. Apapun argumentasinya, kekerasan yang membawa kematian banyak orang, termasuk orang-orang yang tidak berdosa tidak bisa dibenarkan.

 
Poso mempunyai satu nilai adat yaitu Sintuwu Maroso yang berasal dari dua suku kata, Sintuwu yang berati persekutuan, persatuan, kesederhanaan dan Maroso yang berati kuat. Jika digabungkan menjadi persekutuan hidup yang kuat. Dimana kehidupan masyarakatnya diwarnai oleh harmoni dan toleransi. Selain itu, ada yang menarik di balik falsafah hidup to poso (orang Poso) dalam bahasa daerah Pamona (bahasa suku Pamona)Poso mempunyai arti “Pecah” dalam bahasa Indonesia, tentu berbanding terbalik dengan nilai adat yang dijunjung oleh orang Poso Sintuwu Maroso. Dapat disimpulkan bahwa walaupun Poso dalam keadaan darurat intoleransi tetapi masyarakat Poso menjunjung tinggi nilai adat dari Sintuwu Maroso yang mempunyai makna, yaitu : TUWU MOMBETUWUNAKA (hidup saling menghargai), TUWU MOMBEPATUWU (hidup saling menghidupi), dan TUWU MOMBESUNGKO (hidup saling menolong).

Sejatinya orang Poso bukanlah masyarakat yang tertutup dengan toleransi sebab Sintuwu Maroso yang mempersatukan hidup masyarakat tetap damai dan sehat sentosa dan hal inilah yang menjadi impian seluruh masyarakat Poso dari dulu sampai sekarang. (FAT)

 


  Bagikan artikel ini

Berita Web

 2020 (45)
 2019 (37)
 2018 (44)
 2017 (48)
 2016 (53)
 2015 (36)
 2014 (47)
 2013 (41)
 2012 (17)
 2011 (15)
 2010 (31)
 2009 (56)
 2008 (32)

Total: 502

Kategori

Semua  

Youtube Channel

Official Facebook