Menjahit Kain Merakit Masa Depan Anak Muda Mandiri dari Menjahit

pada hari Jumat, 20 Desember 2019
oleh Stube HEMAT
 
 
Kegagalan adalah kondisi tidak tercapainya tujuan yang sudah ditetapkan dari awal. Hal Ini normal terjadi dalam kehidupan, bahkan bisa dikatakan setiap orang pasti pernah mengalami kegagalan dalam hidupnya. Tokoh-tokoh terkenal pun, tak luput dari kegagalan sebagaimana tertulis dalam biografinya yang memuat kisah mulai dari perjuangan, pengorbanan, kegagalan yang bertubi-tubi dan akhirnya meraih keberhasilan.
 
Kegagalan yang biasa dialami mahasiswa seperti gagal dalam studi, gagal dalam berorganisasi, bahkan gagal bertahan hidup, terlebih mahasiswa yang merantau. Pengalaman ini menjadi refleksi dan memiliki makna baik sebagai batu loncatan untuk meraih keberhasilan. Dengan perspektif yang benar, ketika semakin sering mengalami kegagalan, maka seseorang akan semakin matang untuk menempa dirinya dengan berbagai keterampilan dan kecakapan untuk mengatasi masalah, bahkan cara mengantisipasinya.

Kecakapan tambahan selain pengetahuan dari kampus adalah salah satu strategi yang disampaikan dalam pelatihan Belajar dari Kegagalan dengan tema Per Angusta Ad Augusta (dari Kesulitan menuju Kemuliaan) yang diadakan oleh Stube-HEMAT Yogyakarta pada tanggal 18- 21 Oktober di Villa Taman Eden 1 Kaliurang. Berbagai strategi hidup yang muncul dalam pelatihan ini merupakan ‘sharing’ pengalaman dari para peserta ketika mereka mengalami kegagalan dan mencari jalan keluarnya. 

Satu kelompok mahasiswa yang terdiri dari Yoel, Maritjie, Thomas, dan Eri Kristian bersemangat untuk memiliki keahlian dalam bidang menjahit, sebagai upaya untuk membuka peluang mendapatkan tambahan uang saku. Yoel Yoga Dwianto selaku mahasiswa fasilitator, sudah memiliki keahlian dalam membuat tas punggung dengan label Anakita Tas, karena saat ini Yoel bekerja di perusahaan ini sebagai karyawan. Karena kesukaannya berbagi dengan anak muda yang bersemangat untuk belajar, maka Yoel sangat terbuka untuk siapa saja boleh belajar asalkan mempunyai kemauan dan niat yang kuat. Ia melatih mereka memanfaatkan bahan sisa kain yang disediakan oleh produsen tas tersebut. Mereka belajar mengoperasikan mesin jahit, membuat pola pada kain memotong kain dan menjahit potongan kain. Peserta hanya membutuhkan waktu dua kali pertemuan untuk menghasilkan satu buah tas sederhana. Pada pertemuan pertama, peserta belajar mengoperasikan mesin, dan menjahit kain bekas. Selanjutnya pada pertemuan kedua, peserta belajar menjahit tas sendiri dan di akhir pembelajaran mereka membawa pulang tas hasil karya masing-masing.

Kesulitan-kesulitan hidup yang Yoel alami sebagai mahasiswa rantau dari Kotabumi Lampung yang sedang studi di Yogyakarta, seperti keterbatasan biaya studi, pesimisme orang atas dirinya, dan ditinggal ayahanda untuk selamanya karena sakit, sempat membuatnya cuti kuliah untuk bekerja mengumpulkan dana supaya bisa melanjutkan kuliah. Banyak hal dia lakukan, dari mengelola kebun sayuran, menjadi pemain jimbe profesional, tukang potong rambut, sampai berjualan rambut reggae dan akhirnya menekuni pembuatan tas. Kesulitan-kesulitan ini menempanya menjadi seseorang yang tangguh dan tetap murah hati berbagi ilmu.
 
“Saya terbuka dengan siapa saja yang mau belajar, tetapi saya juga menyaring siapa yang punya niat dan keinginan mau belajar, karena percuma kalau seseorang tidak punya niat untuk belajar tetapi saya paksa untuk belajar, akhirnya pasti tidak akan jadi. Semangat saya adalah ketika melihat teman-teman punya minat, maka mari kita belajar bersama”, ungkapnya.
 
Untuk teman-teman muda, terlebih yang merantau ke Yogyakarta, seberapa pun berat kesulitan yang dihadapi ketika studi saat ini, janganlah mudah menyerah, coba dalami apa penyebab kesulitan dan cari solusinya dengan membekali diri dengan berbagai keterampilan agar bisa melakukan hal baik lebih banyak. Salam, Per Angusta Ad Augusta (Mariano Lejap)



  Bagikan artikel ini

Berita Web

 2020 (45)
 2019 (37)
 2018 (44)
 2017 (48)
 2016 (53)
 2015 (36)
 2014 (47)
 2013 (41)
 2012 (17)
 2011 (15)
 2010 (31)
 2009 (56)
 2008 (32)

Total: 502

Kategori

Semua  

Youtube Channel

Official Facebook