Online Training:
Merespon Pandemi Covid-19 Pendampingan Pelatihan Communication Skills (1)

pada hari Selasa, 2 Juni 2020
oleh adminstube
 

 

 

 

 

Pelatihan Communication Skills Stube-HEMAT Yogyakarta berlangsung di tengah pandemi Covid-19 dengan menerapkan pelatihan online untuk mengurangi interaksi fisik sesuai dengan protokol kesehatan WHO. Metode online membuka kesempatan mahasiswa dari berbagai wilayah di Indonesia menjadi peserta. Pelatihan Communication Skills dilakukan secara bertahap hingga 4 gelombang sesuai antusias peserta. Akhirnya, dua puluh tiga mahasiswa dari berbagai daerah di Indonesia ikut ambil bagian dalam pelatihan ini dan menghasilkan dua puluh satu video pendek edukasi dengan beragam topik. Berikut adalah pengalaman para pendamping pelatihan.

 

 

 

Trustha Rembaka. Pelatihan Communication Skills Stube-HEMAT Yogyakarta secara online menjadi strategi taktis merespon pandemi Covid-19. Adapun tantangan yang pertama berkaitan dengan keterampilan komunikasi itu sendiri tidak cukup dipahami saja, tetapi juga perlu dipraktekkan. Kedua, teknik online berkaitan erat dengan ketersediaan jaringan komunikasi baik di lokasi pelatih maupun peserta. Kenyataan dalam pendampingan tidak berbeda dengan perkiraan awal, yakni perlu interaksi tatap muka untuk transfer pengetahuan berupa praktek berbicara dan memperbaiki teknik berbicara. Selain itu juga meyakinkan kepercayaan diri peserta melakukan terobosan untuk meningkatkan keterampilan berkomunikasi mereka. Hal yang sangat berkesan adalah perjuangan peserta mengatasi hambatan ketiadaan jaringan listrik dan akses internet. Yang bersangkutan harus berjalan kaki pagi sejauh 4 km pulang pergi untuk mengisi energi ‘charge’ handphone di tempat jaringan listrik terdekat, dan menjelang sore naik bukit untuk mendapatkan sinyal untuk berkomunikasi dengan videocall. Betapa hebatnya mereka berjuang untuk meningkatkan kualitas diri. Selain itu, pelatihan ini mendorong peserta ‘melompati’ hambatan diri. Awalnya mereka menganggap diri mereka tidak bisa berbicara di depan publik tetapi melalui pelatihan ini mereka dilatih berbicara dan bahkan menghasilkan video.

 


 

 

Sarloce Apang. Pemanfaatkan media sosial WhatsApp dan Facebook berupa kelas online kepada mahasiswa menjadi hal pertama yang dilakukan dalam pelatihan Communication Skill Stube-HEMAT Yogyakarta. Materi pengambilan video di lapangan menjadi tantangan tersendiri, karena tidak setiap peserta paham teknik pengambilan video. Namun demikian, saya juga belajar membuat materi yang mudah dipahami oleh pemula dan mengarahkan peserta membuat narasi yang detail sehingga mudah dipahami saat membaca. Selanjutnya akses internet yang belum merata di daerah menjadi kendala tersendiri, namun peserta tetap semangat melakukan videocall atau aktif di media sosial. Saya selalu menanti hasil rekaman video yang mereka kirimkan dan puas dengan hasilnya. Bagi mahasiswa yang memiliki akses internet bagus, pelatihan ini memantik mereka berkreasi dan produktif walau kuliah dari rumah. Saya pun secara tidak langsung terus meng’upgrade’ kemampuan diri saya.

 



 

 

Putri Laoli.  Ketika pandemi Covid 19 melanda, saya berpikir tidak bisa bekerja seperti biasa, tapi nyatanya melalui WhatsApp group program Communication Skills secara online bersama team Stube-HEMAT Yogyakarta dapat terlaksana. Bahkan pelatihan ini mendapat respon tidak hanya mahasiswa di Yogyakarta, tetapi juga dari Malang, Klaten dan bahkan dari luar Jawa seperti Kepulauan Aru, Sorong, Kupang, Halmahera, Sumba dan Bengkulu. Selain membahas keterampilan berkomunikasi, pelatihan ini juga menghasilkan video pendek edukatif tentang Covid19 dan realita sosial di sekitar peserta tinggal. Ada nilai-nilai kehidupan yang saya temukan dan refleksikan yakni ketika situasi sulit menghimpit, maka seseorang harus cerdas menyesuaikan diri dengan keadaan dan mendorong daya kreatif memanfaatkan potensi lain yang tidak terpikirkan sebelumnya. Ini butuh rasa percaya diri untuk mencoba sesuatu yang baru dengan bertanggungjawab sekaligus mentransfer pengetahuan dan sikap positif kepada orang lain. Jadi, dalam keadaan sulit apapun, jika pantang menyerah maka kita akan menjadi pemenang! (TRU).

 

 


  Bagikan artikel ini

Berita Web

 2020 (45)
 2019 (37)
 2018 (44)
 2017 (48)
 2016 (53)
 2015 (36)
 2014 (47)
 2013 (41)
 2012 (17)
 2011 (15)
 2010 (31)
 2009 (56)
 2008 (32)

Total: 502

Kategori

TAG 1  TAG 2  TAG 3  TAG 4  TAG 5  TAG 6  TAG 7  TAG 8  TAG 9  TAG 10  TAG 11  TAG 12  TAG 13  

Youtube Channel

Official Facebook