‘Melek’ Dunia Cyber: Membidik Peluang dan Tantangan Oleh Irene Zalukhu

pada hari Sabtu, 15 Agustus 2020
oleh adminstube

Teknologi informasi berkembang seiring dengan kemajuan zaman dan sebagian orang bisa menyesuaikan diri dengan kemajuan teknologi. Dunia cyber merupakan kecanggihan media elektronik dalam jaringan teknologi yang memberikan kemudahan bagi siapapun dan berpengaruh besar dalam kehidupan. Didorong dengan kemajuan teknologi, terutama internet, tersedia ruang publik (baca: media sosial) yang lebih luas. Namun, sekalipun teknologi sudah semakin maju ada saja masyarakat yang ‘gagap’ teknologi bahkan tidak tahu bagaimana memanfaatkan kemajuan teknologi.

Berangkat dari itu Stube-HEMAT Yogyakarta yang ‘concern’ pada pengembangan sumber daya manusia, khususnya mahasiswa, membuka ruang belajar ‘melek teknologi melalui One Day Workshop: Cyber Awareness bertema ‘Melek’ Dunia Cyber: Peluang dan tantangan pada hari Jumat 14 Agustus 2020 di Ruang Pertemuan GKJ Mergangsan, Yogyakarta bekerjasama dengan tim Multimedia GKJ Mergangsan. Sepuluh mahasiswa dari berbagai kampus mengikuti pelatihan yang mengundang praktisi yang kompeten di bidangnya. Dalam pembukaan Pdt. Em. Bambang Sumbodo, M.Min, board Stube HEMAT mengungkapkan dari Kolose 1:16 “karena di dalam Dialah telah diciptakan segala sesuatu, yang ada di sorga dan yang ada di bumi, yang kelihatan dan yang tidak kelihatan, baik singgasana, maupun kerajaan, baik pemerintah, maupun penguasa; segala sesuatu diciptakan oleh Dia dan untuk Dia”. Demikian juga kemajuan teknologi apa pun harus diperuntukkan untuk memuliakan nama Tuhan dalam kehidupan. Selanjutnya Ariani Narwastujati, selaku direktur eksekutif memaparkan pengenalan Stube HEMAT lewat video pendek tentang ‘Stube HEMAT menuju usia 27 tahun berkiprah di Indonesia’ bersamaan dengan peringatan kemerdekaan Indonesia yang ke-75. Video tersebut menggambarkan dinamika perkembangan Stube HEMAT yang saat ini tersebar dalam 8 titik pelayanan di seluruh Indonesia yang dijalankan oleh para alumni yang tergabung dalam multiplikator Stube HEMAT.

 

Di bagian materi, Daniel Duta Nugraha dan tim Multimedia GKJ Mergangsan mengungkap bagaimana kondisi gereja dan jemaat di awal pandemik dimana ibadah di gereja dialihkan ke rumah masing-masing sebagai antisipasi sebaran virus Corona. Mau tidak mau gereja harus memanfaatkan teknologi untuk melayani ibadah secara online. Mereka menghadapi kesulitan dan keterbatasan teknologi tetapi berbekal kemauan dan pengorbanan tenaga, pikiran, waktu dan dana mereka berhasil mengatasi dan menemukan kreativitas dalam mengemas video ibadah, live streaming dan video-video renungan lainnya. Pandemik Corona juga memukul ekonomi jemaat, jadi gereja bergerak untuk mempromosikan usaha jemaat dengan membuat ‘market place’ online melalui WA group yang menjual makanan dan produk lainnya dengan nama Gandeng Gendong yang dikelola oleh Drs. Bambang P. Hediono, MBA, majelis GKJ Mergangsan dan didukung oleh Komisi Komunikasi Massa (KOKOMAS).
Pemateri selanjutnya, Yohanes Andri Wardhana, praktisi teknologi informasi, memaparkan topik tentang Memanfaatkan Cyber untuk Pengembangan Diri: Memperluas jaringan, Mempromosikan produk dan jasa dan Menambah income alternatif. Ia memfasilitasi peserta untuk memetakan dunia cyber dan melihat peluang dan tantangan yang akan terjadi di masa yang akan datang. Ia juga mengupas hal-hal penting dari dunia cyber, dari pengenalan, kemajuan teknologi dan apa yang harus dilakukan generasi muda saat ini untuk bersiap diri menyambut peluang pekerjaan di dunia cyber.

Kegiatan ini membuka wawasan tentang kemajuan teknologi dan tuntutannya seperti diungkap oleh salah satu peserta David, “dari workshop ini saya mendapat bekal bagaimana melihat kebutuhan ke depan, sehingga tahu skill apa yang harus ditambah supaya bisa kompetitif. Selain itu harapannya ada kegiatan Stube berupa praktek“.

Kunci ‘melek’ dunia cyber berada di tangan kita, tinggal bagaimana kita bersikap, mau bergerak atau diam dan dilibas oleh teknologi yang berkembang dengan cepat. Mahasiswa, ayo kembangkan dan bekali diri dengan skills berbasis teknologi sekaligus merespon permasalahan sosial berupa gap penguasan teknologi di masyarakat melalui ‘transfer’ pengetahuan kepada orang lain.***


  Bagikan artikel ini

Berita Web

 2021 (24)
 2020 (48)
 2019 (37)
 2018 (44)
 2017 (48)
 2016 (53)
 2015 (36)
 2014 (47)
 2013 (41)
 2012 (17)
 2011 (15)
 2010 (31)
 2009 (56)
 2008 (32)

Total: 529

Kategori

Semua  

Youtube Channel

Official Facebook